spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Kasus Corona Meledak Lagi di AS, Kasus Baru Menembus 100 Ribu per Hari

KNews.id- Corona meledak lagi di Amerika, kasus baru tembus 100 ribu sehari. Kasus penularan virus corona alias Covid-19 di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS) kembali naik. Sejak akhir pekan kemarin lalu, kasus harian baru bahkan telah mencapai 100 ribu per hari. Hal itu berarti rekor sejak penurunan kasus terjadi di Februari 2021.

Berdasarkan data Worldometers, kenaikan kasus signifikan terjadi sejak 30 Juli 2021. Kasus baru menembus 104.640. Setelah itu, kasus terus konsisten berada di angka ini. Pada Rabu 4 Agustus 2021, tercatat 112.279 kasus baru.

- Advertisement -

Merujuk data yang sama, negara bagian penyumbang kasus baru terbesar adalah Florida (16.935), Texas (12.334) dan California (10.909). Varian Delta, strain baru corona yang ditemukan di India pertama kali pertengahan tahun ini diklaim menjadi penyebabnya.

Varian Delta diketahui mampu menular lebih cepat ketimbang varian corona awal hingga 60 persen lebih. Kenaikan kasus di Ameria juga terjadi di negara bagian minim vaksinasi Covid-19, seperti Louisiana dengan tambahan kasus baru 4.779.

- Advertisement -

Rumah sakit di negara-negara bagian itu dilaporkan mengalami kenaikan pasien hingga hampir 100 persen. Khusus Florida, kemarin, kematian bahkan mencatatkan rekor dengan 140 pasien.

“Kelompok usia yang jauh lebih muda yang dirawat di rumah sakit,” terang Kepala Asosiasi Rumah Sakit Florida, Mary Mayhew seperti diberitakan Reuters via CNBCIndonesia, Kamis 5 Agustus.

- Advertisement -

Sementara itu, kepala petugas medis dari Our Lady of the Lake Regional Medical Center di Baton Rouge, Louisiana, Dr Catherine O’Neal mengatakan, ‘ini adalah hari-hari tergelap dari pandemi corona’.

Tren kenaikan ini sebenarnya sudah diperingatkan Pusat Penyakit Menular AS (CDC). Rata-rata kasus mingguan AS, naik sejak pekan lalu. Akhir pekan lalu, AS mencatat 72.790 kasus per hari dalam rata-rata mingguan. Ini lebih tinggi dari puncak musim panas tahun lalu yang tercatat 68.700 kasus.

“Sementara kita sangat ingin menyelesaikan pandemi ini, Covid-19 jelas tidak selesai (kini) … ‘pertempuran’ harus berlangsung sedikit lebih lama,” ungkap Direktur Pusat Penyakit Menular AS atau CDC, Dr Rochelle Walensky seperti dikutip dari CNBCInternational.

“Ini sulit. Ini berat. Tapi, kita bersama dalam hal ini,” tegasnya.

Sementara itu, sejak pekan lalu CDC sudah mewajibkan kembali warga AS memakai masker di dalam ruangan di ruang publik. Gedung Putih juga sudah menerapkan aturan masker. (AHM/trkn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini