spot_img
Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Kapan Waktu Terbaik Minum Air Kunyit?

KNews.id – Jakarta – Air kunyit merupakan salah satu ramuan yang sering digunakan sebagai minuman herbal. Minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mengatasi peradangan, hingga mencegah risiko penyakit jantung.

Sebenarnya, air kunyit bisa diminum kapan saja. Namun jika dikonsumsi pada waktu tertentu, khasiat yang diperoleh dari air kunyit bisa jauh lebih besar.

- Advertisement -

Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum air kunyit?

Waktu Terbaik Minum Air Kunyit

- Advertisement -

DIkutip dari GoodRx Health, waktu terbaik untuk minum air kunyit ternyata adalah setelah
makan. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi dapat membantu proses penyerapan kunyit oleh tubuh.

Khususnya makanan yang berlemak, seperti telur, minyak kelapa, dan alpukat. Sebab, makanan-makanan tersebut mengandung senyawa lecithin yang dapat membantu tubuh menyerap kunyit.

- Advertisement -

Makanan lain yang juga dapat mengoptimalkan penyerapan kunyit adalah lada hitam. Lada hitam mengandung senyawa bernama piperine yang dipercaya mampu meningkatkan penyerapan kunyit saat keduanya dikonsumsi secara bersamaan.

Apakah Boleh Minum Air Kunyit saat Perut Kosong?
Kendati mengonsumsi air kunyit setelah makan dapat mengoptimalkan penyerapannya, beberapa ahli berpendapat air kunyit cocok dikonsumsi saat perut kosong.

Pakar nutrisi sekaligus pendiri dari iThrive, Mugdha Pradhan mengungkapkan air kunyit sebaiknya dikonsumsi di pagi hari saat perut masih kosong.

“Meski bisa diminum pagi atau malam hari sebelum tidur, air kunyit lebih bermanfaat dikonsumsi pagi hari saat perut kosong,” ucapnya.

Mengonsumsi air kunyit dalam keadaan perut kosong disebut dapat membantu mengatasi sejumlah masalah pencernaan, seperti tukak dan sindrom iritasi usus. Selain itu, minum air kunyit dalam keadaan perut kosong diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, serta memperkuat daya tahan tubuh.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini