spot_img
Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Kapan Dana Tapera Bisa Dicairkan?

KNews.id – Dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) bisa dicairkan jika kepesertaan sudah berakhir.

Pencairan dana Tapera ini diatur dalam UU Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat. Lalu, dirinci kembali pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.

- Advertisement -

Pasal 24 ayat 1 PP Nomor 25 Tahun 2020 menegaskan simpanan peserta berhak dicairkan jika kepesertaannya sudah selesai. Pencairan juga termasuk hasil pemupukannya.

“Simpanan dan hasil pemupukannya wajib diberikan paling lama 3 bulan setelah kepesertaannya dinyatakan berakhir,” tulis pasal 24 ayat 2 beleid tersebut.

- Advertisement -

Nantinya, pencairan berdasarkan pada jumlah unit penyertaan yang dimiliki peserta, lalu dikalikan nilai aktiva bersih per unit penyertaan pada tanggal berakhirnya kepesertaan. Simpanan itu akan dibayarkan oleh BP Tapera melalui bank kustodian.

Ada 4 kriteria terkait waktu berakhirnya kepesertaan Tapera.

- Advertisement -

Pertama, Telah pensiun bagi pekerja.

Kedua, Telah mencapai usia 58 tahun untuk pekerja mandiri.

Ketiga, Peserta meninggal dunia.

Keempat,Peserta tidak memenuhi lagi kriteria sebagai peserta selama lima tahun berturut-turut.

Terlepas dari skema pencairan dana simpanan, UU dan PP Tapera menjadi aturan yang kontroversial. Aturan ini mendapatkan protes karena mewajibkan para pekerja swasta dan mandiri menjadi peserta Tapera.

Pekerja non-Aparatur Sipil Negara (ASN) ini juga akan kena pungut, setidaknya paling telat 2027 alias 7 tahun setelah PP Tapera berlaku.

Simpanan Tapera sebesar 3 persen dari gaji atau upah peserta pekerja. Rinciannya dijelaskan di pasal 15 ayat 2, di mana jumlah tersebut ditanggung bersama sebesar 0,5 persen oleh pemberi kerja dan 2,5 persen dari pekerja tersebut.

Pemberi kerja harus menyetorkan iuran tersebut setiap bulannya. Pada pasal 20 ayat 2 ditetapkan penyetoran iuran Tapera paling lambat tanggal 10 di setiap bulannya.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini