spot_img
Jumat, Mei 24, 2024
spot_img

Kandidat Pilkada DKI, Ridwan Kamil atau Ahmed Zaki

KNews.id – Pilkada DKI Jakarta 2024 menjadi salah satu topik perbincangan hangat di kalangan politisi dan masyarakat. Salah satu figur yang disebut-sebut sebagai calon kuat dalam kontestasi politik ini adalah nama eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Partai Golkar tampaknya tengah mempertimbangkan mempersiapkan Ridwan Kamil sebagai kandidatnya. Namun, di sisi lain, DPD Golkar DKI Jakarta masih mengusulkan mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, sebagai calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta.

- Advertisement -

Zaki saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar periode 2020-2025, yang memberinya posisi strategis dalam partai. Pengamat politik, Jamiluddin Ritonga, telah memberikan peringatan kepada Partai Golkar agar berhati-hati dalam memilih calon yang akan mereka dorong dalam Pilkada DKI.

Dalam perbandingan antara Ahmed Zaki dan Ridwan Kamil, Ridwan Kamil dianggap memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih kemenangan di Jakarta. Hasil survei yang dilakukan oleh Center for Strategic and Indonesian Studies (CSIS) menunjukkan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI Jakarta berada di puncak dengan 7,11 persen.

- Advertisement -

Sementara itu, Ahmed Zaki tidak mendapatkan perhatian serupa dalam bursa Pilkada DKI. Selain elektabilitas yang unggul, Ahmed Zaki juga dinilai kurang memiliki prestasi yang mencolok selama dua periode terakhir saat menjabat sebagai Bupati Tangerang.

Di sisi lain, Ridwan Kamil memiliki catatan prestasi yang mengesankan selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

- Advertisement -

Menurut hasil survei CigMark pada April 2023, kepuasan warga Jawa Barat terhadap kinerja Ridwan Kamil mencapai 90,26 persen. Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari warga terhadap kinerja dan kepemimpinan Ridwan Kamil.

Oleh karena itu, pengamat dari Universitas Esa Unggul ini menyimpulkan bahwa Ridwan Kamil memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan Ahmed Zaki dalam persaingan calon gubernur DKI Jakarta. Menurut pengamat tersebut, dilihat dari elektabilitas dan prestasi, Ridwan Kamil jauh lebih unggul.

Karena itu, mantan Gubernur Jawa Barat tersebut kiranya lebih berpeluang menang bila maju di Jakarta daripada Zaki menurut Jamiluddin Ritonga. Dikabarkan sebelumnya, terdapat spekulasi dan kabar mengenai siapa yang akan diusung oleh Partai Golkar DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kabar tersebut terkait dengan kemungkinan eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), akan diusung oleh Golkar DKI Jakarta. Namun, kini Golkar DKI Jakarta telah memberikan klarifikasi resmi. Golkar DKI Jakarta telah mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan mengusung M. Ridwan Kamil (RK) dalam Pilkada 2024.

Sebagai gantinya, kader yang akan diusung oleh Golkar DKI Jakarta adalah Ahmed Zaki Iskandar, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tangerang. Penegasan ini datang dari Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, yang menjelaskan bahwa RK telah disiapkan untuk diplotting dalam pemilihan di Jawa Barat (Jabar).  (Zs/AB)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini