spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Kampung Unik di Kebumen, Hanya di Desa Ini Warga Dilarang Menikah dengan Orang Luar

KNews- Kampung unik di Kebumen, Jawa Tengah sangat menarik untuk dijelajahi. Kebumen memang dikenal memiliki pemandangan alam menakjubkan.

Namun, di balik keindahan alam yang ada di Kebumen, ternyata ada satu hal unik yang akan membuat siapa saja penasaran. Ya, desa tersebut bernama Jladri, yang berada di Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

- Advertisement -

Keunikan desa tersebut adalah warga yang ada di desa ini dilarang menikah dengan orang luar desa. Jika dilanggar, dampaknya sangat menakutkan.

Penasaran, seperti apa keunikan dari desa Jladri ini? Berikut ulasannya dirangkum melalui Channel YouTube Pengkolan24, Senin (22/5/2023).

- Advertisement -

Kampung Unik di Kebumen Sudah menjadi hal umum jika Indonesia merupakan negara dengan budaya dan adat yang beragam. Budaya yang berakar dari generasi ke generasi ini tak sedikit melahirkan peraturan, kebiasaan adat, bahkan mitos yang berkembang pada masyarakat setempat.

Warga Kampung Jladri menaati mitos untuk tidak menikah dengan warga dari desa tetangga. Sebab, jika dilanggar, rumah tangga yang dibangun tak dapat bertahan lama atau tidak langgeng.

- Advertisement -

“Kalau orang sekarang mungkin gak seperti orang-orang dulu. Kalau orang dulu mitosnya gak jadi atau gak tahan lama,” ujar seorang pria, warga asli Desa Jladri, dikutip melalui akun YouTube Pengkolan 24.

Kendati zaman sudah berkembang cukup modern, masyarakat di desa ini masih mempertahankan kepercayaan tersebut.

“Memang sampai sekarang, belum ada. Enggak ada yang berani melanggar. Bahkan bisa meninggal dunia,” kata pria tersebut.

Suasana Desa Jladri masih sangat asri dan masih melestarikankearifan lokal tradisi nenek moyang. Jika singgah ke desa ini, Anda bisa menjumpai bangunan rumah warga yang cukup sederhana.

Jalanan di desa ini juga masih berupa tanah. Sedangkan mata pencaharian warga mayoritas adalah petani. Desa Jladri terletak di dataran tinggi, Anda dapat melihat pemandangan indah dari perbukitan dan perkebunan milik warga. (RZ/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini