spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Menang Survei Capres di Jabar, Elektabilitas Puan Hanya 0,8 Persen!

KNews.id- Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei yang bertajuk, Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat pada 15 Februari 2022. Hasil survei terbaru itu menunjukkan nama Anies Baswedan menang.

Sedangkan Ridwan Kamil, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam perebutan suara pemilih Jawa Barat untuk calon Presiden 2024. Manajer SMRC Saidiman Ahmad mengatakan dalam simulasi tertutup 10 nama Anies Baswedan menang dengan menempati posisi teratas, disusul Prabowo, Subianto, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, dan yang lainnya di bawah tiga persen.

- Advertisement -

“Anies Baswedan mendapat 18,4 persen, Prabowo, Subianto 18,3 persen, Ridwan Kamil 17,8 persen dan Ganjar pranowo 15,8 persen, Pak Sandiaga Uno 5,1 persen dan yang lainnya di bawah 3 persen,” kata Saidiman seperti yang dikutip Hops.ID dari kanal Youtube BeritaSatu pada Kamis, 17 Februari.

Saidiman menambahkan bahwa persaingan 4 nama teratas tersebut konsisten dalam setiap simulasi.

- Advertisement -

“Sementara, dalam pertanyaan top of Mind atau jawaban spontan Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar pranowo 10,7 persen, sementara nama-nama lain di bawah tiga persen,” katanya.

Menurut Saidiman, empat nama yang menempati urutan teratas, sulit untuk ditentukan mana yang lebih unggul secara dominan dibanding yang lain. Sementara itu, elektabilitas Ketua DPR RI, Puan Maharani menurut survey SMRC hingga kini masih berada di bawah 1 persen di Jawa Barat. Dalam simulasi tertutup 10 nama putri dari Megawati Soekarno Putri itu mendapatkan dukungan 0,8 persen.

- Advertisement -

Bahkan, dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan memperoleh dukungan dibawah 0,1 persen. Untuk diketahui, survei ini dilakukan SMRC dengan metode wawancara melalui telepon kepada 801 responden yang merupakan warga Jawa Barat.

“Responden dalam survei ini dipilih secara acak dengan margin of error survei diperkirakan sebesar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ujar Saidiman. (Ade/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini