spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Jurus Jitu BI Jaga Ketahanan Ekonomi RI dan Nilai Tukar Rupiah

 

KNews.id – Jakarta , Bank Indonesia (BI) terus memperkuat respon bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi ditengah peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global.

- Advertisement -

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, meningkatnya risiko global lantaran penundaan penurunan suku bunga dan ketegangan geopilitik di Timur Tengah.

Oleh karena itu, Perry mengatakan BI terus memperkuat bauran kebijakan untuk memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia dari dampak rambatan global.

- Advertisement -

Khususnya, dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, mencegah portfolio outflow maupun menjaga likuiditas dalam negeri dalam rangka menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan mendukung kebijakan fiskal.

“Untuk itu, kebijakan moneter terus difokuskan pada menjaga stabilitas atau pro stability. Sementara kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, dan juga program ekonomi inklusif dan hijau terus diarahkan untuk menjaga dan mendorong momentum pertumbuhan atau pro growth,” katanya, alam keterangan pers terkait hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) II 2024, Jumat (3/5/2024).

- Advertisement -

Lanjutnya, sejalan dengan arah bauran kebijakan moneter, BI telah menaikkan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,25 bps pada rapat dewan gubernur yang digelar pada 23-24 April 2024.

Demikian juga, suku bunga deposit facility naik 25 bps menjadi 5,5 persen dan lending facility naik 25 bps menjadi 7 persen.

Menurutnya, kenaikan suku bunga kebijakan ini untuk perkuat stabilitas nilai tukar dari dampak memburuknya risiko global serta sebagai langkah preemptif dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap dalam sasaran 2,5% plus minus 1% pada 2024 dan 2025 sejalan dengan stance kebijakan moneter yang pro stability.

“BI juga terus memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah dalam memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global tersebut,” pungkasnya.

(Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini