spot_img
Kamis, Mei 9, 2024
spot_img

Jurnalis AS Tewas di Ukraina, Diduga Ditembak oleh Pasukan Rusia!

KNews.id- Seorang jurnalis asal Amerika Serikat dilaporkan tewas di Ukraina pada Ahad (13/3). Ukraina menuding pasukan Rusia menembaki jurnalis tersebut. Jurnalis itu tewas dalam insiden di Irpin, kawasan di dekat Ibu Kota Ukraina, Kyiv, yang memang menjadi salah satu medan tempur besar belakangan ini.

AFP melaporkan, kartu identitas yang tersemat di tubuh pria itu menunjukkan bahwa ia merupakan jurnalis sekaligus juru kamera dokumenter dari New York, Brent Renaud.

- Advertisement -

Selain itu, ditemukan pula kartu identitas The New York Times (NYT). Namun,NYT memastikan bahwa Renaud sedang tak bekerja untuk mereka saat insiden terjadi.

Dalam insiden ini, satu jurnalis AS lainnya juga terluka. Federasi Jurnalis Internasional menyatakan, jurnalis yang terluka itu adalah Juan Arredondo yang berprofesi sebagai fotografer.

- Advertisement -

Tak hanya itu, seorang warga Ukraina yang satu mobil dengan kedua jurnalis AS itu juga terluka. Dalam salah satu video wawancara, Arredondo terlihat berbaring di rumah sakit. Ia kemudian menceritakan kronologi kejadian yang menimpanya.

“Kami hendak merekam pengungsi memulai evakuasi. Kami masuk ke dalam mobil. Seseorang menawarkan mengantarkan kami ke jembatan [lokasi evakuasi],” tutur Arredondo.

- Advertisement -

Arredondo melanjutkan ceritanya, “Kami melewati pos penjagaan dan mereka mulai menembaki kami, jadi sopir berputar dan mereka tetap menembak.” Pejabat Ukraina langsung menuding Rusia menembaki mobil tersebut.

Sementara itu, Penasihat Keamanan Gedung Putih, Jake Sullivan, mengaku sudah menerima laporan mengenai kematian jurnalis tersebut.

“Kami akan berkonsultasi dengan pihak Ukraina untuk mengetahui bagaimana ini bisa terjadi dan menimbang tanggapan yang tepat,” katanya. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini