spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Jumlah Penumpang Whoosh Disebut Masih di Bawah Target? Ini Kata KCIC

KNews.id –  Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara mengenai capaian jumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias Whoosh, yang disebut-sebut masih di bawah target.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Khairunisa menyebutkan bahwa berdasarkan proyeksi Pusat Pengujian, Pengukuran, Pelatihan, Observasi dan Layanan Rekayasa Universitas Indonesia (Polar UI), PT KCIC menargetkan sekitar 31 ribu penumpang per hari.

- Advertisement -

“Tapi itu (target) angka penumpang untuk perjalanan 68 KA per hari. Sekarang (untuk Desember) perjalanan baru 40 KA per hari,” ujar Eva ketika dihubungi Tempo, Minggu, 31 Desember 2023. Sementara untuk saat ini, volume penumpang berkisar di antara 16–21 ribu per hari.

Menurutnya, dengan okupansi yang mencapai 70 hingga 80 persen itu sudah merupakan angka yang sangat baik. KCIC pun optimistis perkembangan jumlah penumpang akan terus bertambah ke depan. “Kami optimistislah,” tuturnya.

- Advertisement -

Eva juga mengatakan, capaian 1 juta penumpang itu sudah baik, mengingat Whoosh baru beroperasi selama dua bulan.

Di sisi lain, jumlah penumpang Whoosh juga disebut menurun setelah tarif promonya dinaikkan dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu per 1 Desember 2023. Sumber Tempo yang mengetahui hal itu mengatakan rata-rata volume penumpang harian periode Oktober-November 2023 mencapai 16.674, setelah tarif dinaikkan khususnya pada pekan pertama Desember 2023 menjadi 13.373.

Sumber tersebut mengatakan bahwa rata-rata volume pada Oktober-November dan awal Desember 2023 itu menurun sebesar 21 persen. Adapun secara okupansi harian juga menurun masing-masing pada Oktober-November mencapai 89 persen, sedangkan di awal Desember 2023 menjadi 55 persen.

Menanggapi hal tersebut, Eva mengatakan jumlah penumpang secara volume masih stabil. “Bahkan cenderung meningkat untuk libur akhir tahun,” ujarnya Kamis, 28 Desember 2023.

Diberitakan sebelumnya, per tanggal 25 Desember Whoosh telah lebih dari 1 juta penumpang. Sejak mulai beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023, sepur kilat kini sudah melayani 1.028.216 penumpang.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan hal tersebut menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia. Sarana tersebut juga terbukti memberikan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan.

“KCIC berterima kasih kepada seluruh penumpang Whoosh dan ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” kata Dwiyana dalam keterangan tertulis, Selasa, 26 Desember 2023.  (Zs/Tmp)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini