spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Jumlah Nasabah Prioritas BTN Tumbuh Dua Digit

KNews.id- Simpanan nasabah perbankan dengan tier di atas Rp 5 miliar makin tumbuh hingga Agustus 2021. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatatkan pertumbuhan simpanan tier di atas Rp 5 miliar industri perbankan 12,2% yoy di delapan bulan pertama 2021.

Bank Tabungan Negara (BTN) juga merasakan hal yang sama untuk segmen ini. Direktur BTN Jasmin bilang jumlah nasabah prioritas tumbuh sekitar 11% yoy. Hingga saat ini, nasabah lembaga atau korporasi menyumbang 70% dari DPK, sisanya datang dari nasabah ritel.

- Advertisement -

“BTN fokus ke depan untuk menggarap potensi nasabah ritel yang saat ini terus tumbuh dan dananya lebih sustainable, sehingga porsi lembaga dan retail bisa capai 50% banding 50%,” imbuhnya kepada Kontan.

Ia mengakui, saat ini DPK BTN masih didominasi oleh deposito yang menyumbang 60% terhadap DPK. Ia melihat, nasabah di BTN lebih banyak menyimpan simpanan dibandingkan transaksi.

- Advertisement -

LPS melihat, berdasarkan jenis simpanan, simpanan dengan nominal terbesar terdapat pada simpanan deposito yang mencakup 40,1% total simpanan. Kenaikan nominal simpanan terbesar terdapat pada jenis simpanan giro sebesar 2,5% month on month (mom). Sedangkan penurunan pertumbuhan nominal simpanan terbesar terdapat pada jenis simpanan sertifikat deposito sebesar -31,4%.

Berdasarkan tiering simpanan, nominal simpanan terbesar terdapat pada tiering simpanan di atas Rp5 miliar yang mencakup 50% total simpanan. Kenaikan nominal terbesar juga terjadi  pada tiering simpanan di atas Rp5 miliar sebesar 2,5% MoM sedangkan penurunan nominal terbesar terdapat pada tiering simpanan kurang dari Rp100 juta sebesar -0,7% MoM. (Ade/kntn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini