spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Jreng.. Jepang Panas ke RRC, Siap Luncurkan 1.000 Rudal

KNews.id – Hubungan Jepang dan China kembali memanas. Negeri Sakura dilaporkan sedang mempertimbangkan penempatan 1.000 rudal jelajah jarak jauh untuk meningkatkan kemampuan serangan baliknya terhadap China.

Menurut laporan surat kabar Yomiuri mengutip sumber-sumber pemerintah, Minggu, rudal-rudal itu akan dimodifikasi dengan senjata yang ada. Ini untuk memperluas jangkauannya dari 100 km (62 mil) hingga 1.000 km.

- Advertisement -

“Senjata, yang diluncurkan oleh kapal atau pesawat, akan ditempatkan terutama di sekitar pulau Nansei selatan dan mampu mencapai wilayah pesisir Korea Utara dan China,” tulis Yomiuri, dikutip Senin (22/8/2022).

Sayangnya, mengutip Reuters, perwakilan dari kementerian luar negeri Jepang tidak segera menanggapi komentar atas laporan tersebut. China juga masih belum berkomentar.

- Advertisement -

Jepang telah meningkatkan pengeluaran militernya dan mengambil strategi yang lebih tegas dalam beberapa tahun terakhir. Namun negara itu menahan diri untuk tidak mengerahkan rudal jarak jauh.

Namun para kritikus mengatakan setiap langkah untuk memperoleh kemampuan serangan balik akan menyimpang dari interpretasi tradisional Jepang tentang Konstitusi Pasifiknya. Ini juga tak sejalan dengan kebijakan berorientasi pertahanan eksklusif negara itu.

- Advertisement -

Ketegangan di kawasan tersebut meningkat setelah kunjungan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri tetapi diklaim sepihak oleh China. Akibat kunjungan tersebut, Beijing menggelar latihan militer dan meluncurkan rudal di dekat Taiwan dan ke zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang. (Ach/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini