spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Jokowi Instruksikan Menteri Basuki Ubah Desain Istana Wapres di IKN

 

KNews.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta perubahan soal desain Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), kawasan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Beberapa rancangan awal diminta Kepala Negara untuk diperbaiki.

- Advertisement -

Basuki menyebut pembangunan Istana Wapres di IKN dijadwalkan pada Juli 2024. Pembangunan diperkirakan memakan waktu sekitar satu tahun.

“Desainnya berubah. Waktu lelang pertama kami dengan desain juara pertama, tetapi setelah dilihat Bapak Presiden, perlu direvisi sehingga kita revisi,” kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.

- Advertisement -

“Kalau Istana Sapres, saya enggak tahu lelang ulang atau meneruskan yang kemarin,” ujar Basuki.

Sebelumnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengaku belum akan berkantor di IKN. Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia menyampaikan ini saat memberikan keterangan pers usai membuka Festival Kemandirian BLK Komunitas Tahun 2024 di Pondok Pesantren Daarul Archam Desa Tanjakan Rajeg Kabupaten Tangerang, Kamis, 7 Maret 2024.

- Advertisement -

“Mengenai IKN belum dibicarakan. Jadi Presiden mungkin akan di sana, saya belum ditugaskan apakah saya akan ke sana apakah di Jakarta saja, belum ada pembicaraan,” ucap Ma’ruf.

Pemerintah merencanakan Presiden Jokowi untuk berkantor di IKN pada Juli 2024. Kondisi ini dapat dipenuhi jika infrastruktur penunjang seperti sumber air hingga jalan tol sudah tersedia.

Jokowi sudah berulang kali menyatakan bahwa upacara hari ulang tahun atau HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 digelar di IKN. Dua pekan lalu Presiden meninjau pembangunan lapangan upacara di Penajam Paser Utara.

“Fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini. Kemudian, acara juga sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetail itu sudah di bulan Januari sudah hampir final,” ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

(Zs/TMP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini