spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Joe Biden Meyakini Putin akan Invasi Kiev, RRC Pun Membela!

KNews.id- Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyerukan kepada AS, Eropa, dan Rusia agar menyepakati peta jalan perjanjian Minsk untuk mencapai perdamaian di Ukraina.

Dilansir Bloomberg pada Sabtu (19/2), hal itu disampaikan dalam pesan video dalam Munich Security Conference. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden menyatakan keyakinannya dari intelijen AS bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina. Presiden AS mengatakan invasi, termasuk serangan di Kiev, bisa terjadi dalam beberapa hari.

- Advertisement -

“Daripada membesar-besarkan masalah, menciptakan kepanikan dan meneriakkan ancaman perang, [pihak-pihak harus bekerja untuk perdamaian],” kata Wang. Seperti diketahui, China dan Rusia merupakan sekutu dan mitra dagang yang dekat. Beijing juga bergeming ketika Putin menganeksasi Krimea pada 2014.

Saat ini, Wang menunjukkan sikap yang tidak jauh berbeda. Dia mengatakan China menjunjung tinggi hak Ukraina untuk kedaulatan, kemerdekaan dan integritas teritorial, tetapi juga menyerukan penghentian ekspansi NATO dan mengatakan keprihatinan Rusia harus dihormati dan diperhatikan.

- Advertisement -

Wang tidak menyebutkan secara langsung tentang meningkatnya kegiatan pasukan militer di perbatasan Ukraina, tetapi justru mengkritik peringatan risiko invasi dari negara-negara Barat.

Setelah melakukan percakapan telepon dengan sekutu Eropa, Biden mengulang pernyataannya bahwa Kremlin sedang mencoba untuk melakukan operasi bendera palsu untuk menciptakan kepura-puraan atas invasinya.

- Advertisement -

“Kami yakin [Rusia] akan menargetkan ibu kota Ukraina Kiev, kota dengan 2,8 juta orang tidak bersalah. Kami melakukan segala daya kami untuk menghilangkan alasan apa pun bagi Rusia untuk membenarkan invasi ke Ukraina dan mencegah mereka bergerak,” ujar Biden di Gedung Putih. (Ade/bsns)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini