spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Joe Biden Ancam Taliban, Ribuan Tentara AS Siap Bergerak

KNews.id- Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengeluarkan ancaman keras. Ada ribuan tentara yang siap dikerahkan menggempur Taliban. Taliban bakal terus ditekan AS. Kelompok garis keras itu diminta tidak mengganggu proses evakuasi warga sipil di Afghanistan.

Balasan hebat dan keras dipastikan akan dibuat Amerika bila Taliban mengganggu proses evakuasi tersebut. Kelompok Taliban saat ini semakin mendekati Ibu Kota Afghanistan, Kabul.

- Advertisement -

Mereka kini telah menguasai kota di sisi utara Afghanistan yakni Mazar-i-Sharif. Kelompok Taliban merebut kota Mazar-i-Sharif setelah berhari-hari. Kelompok gerilyawan Taliban menyapu sebagian besar kota tersebut.

Amerika melihat ini sebagai potensi bahaya bagi warganya yang ada di Afghanistan. AFP, Ahad (15/8), langsung menulis besar-besar ancaman Joe Biden ke Taliban.

- Advertisement -

Menurut AFP, keputusan menggirimkan lima ribu tentara tersebut diambil Joe Biden setelah berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya. Ribuan tentara tersebut akan membantu proses evakuasi warga sipil sekaligus mengakhiri misi Amerika Serikat di Afghanistan.

Titah Biden jelas dan keras. Biden menjanjikan membalas setiap ancaman hingga serangan yang membahayakan pasukan Amerika Serikat di Afghanistan. “Setiap tindakan yang menempatkan personel AS atau misi kami dalam bahaya, akan ditanggapi dengan respons militer AS yang cepat dan kuat,” sebut Joe Biden.

- Advertisement -

Peringatan keras dari Biden ini disampaikan usai gerilyawan Taliban merebut kota utama Mazar-i-Sharif di sisi utara Afghanistan. Taliban kini terus melanjutkan perjalanan cepat mereka menuju Ibu Kota Kabul.

Sementara itu, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berjanji pada hari Sabtu untuk tidak membiarkan perang. Dia juga mengatakan tengah berkonsultasi untuk mencoba membantu mengakhiri perang, tanpa memberikan rincian. (AHM/genp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini