spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

JK Menyebut Ekonomi Afghanistan dapat ‘Dikuasai’ RRC

KNews.id- Taliban berhasil memukul mundur Amerika Serikat (AS) dan menguasai Afghanistan. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, kondisi ini akan membuat perekonomian Afghanistan akan bergantung pada China. Menurut JK, ada dua hal yang menjadi tantangan Afghanistan ke depan. Pertama, adalah persoalan disiplin pasukan Taliban.

“Apakah pasukan Taliban yang seperti saya katakan tadi sebagian besar dari daerah-daerah itu dapat menjalankan tugasnya sesuai kebijakan pusat. Sesuai dengan kebijakan pimpinan Taliban sendiri untuk bertindak secara moderat, untuk menjaga merek tidak mencederai sesama bangsanya,” katanya dalam diskusi publik yang bertema Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Peran Indonesia.

- Advertisement -

Kedua, adalah masalah ekonomi. Selama ini ekonomi Afghanistan disokong oleh Amerika Serikat.

“Karena AS menghidupi ekonomi Afghanistan selama ini. Baik tentara nya maupun ekonomi lainnya, biaya operasional pemerintahannya. Itu semua dibiayai oleh Amerika,” tuturnya.

- Advertisement -

Dengan kondisi ini, JK pun memprediksi adanya kemungkinan pengaruh Cina di Afghanistan pada masa mendatang.

“(Sokongan Amerika)  Sekarang tentu ini tidak ada lagi. Eropa tentu tidak ada lagi. Maka bisa-bisa Cina sangat berpengaruh nanti Afghanistan,” pungkasnya. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini