spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Jika Tensi dan Kolesterol Anda Mendadak Naik, Buruan Minum Ini!

KNews.id- Ada cara untuk mengurangi tensi dan kolesterol yang tinggi. Sejumlah minuman diyakini ampuh mengurangi atau menjaga kadarnya tetap stabil.

Sebenarnya tubuh manusia membutuhkan senyawa kolesterol membantu produksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Namun jadi masalah jika kadarnya terlalu tinggi karena bisa menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, misalnya stroke dan serangan jantung.

- Advertisement -

Tidak hanya faktor keturunan, makanan juga bisa mempengaruhi kadar kolesterol. Maka makanan yang perlu dikonsumsi adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Berikut adalah minuman yang diyakini bisa mengurangi atau menjaga kadar kolesterol tetap stabil:

- Advertisement -
  1. Jus Apel
    Pakar kesehatan Stephanie Leach merekomendasikan minuman ini, karena mengandung fitokimia yang bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat alias LDL. Dalam sebuah penelitian selama 6 minggu melibatkan pria dan wanita sehat membuktikan konsumsi jus apel sama berkhasiat seperti memakan buah apel tubuh. Pria dan wanita itu punya kadar lemah, kolesterol dan karbohidrat serta gula dengan jumlah kalori yang sama. Namun yang membedakannya adalah memakan buah apel utuh dengan peningkatan asupan serat sebanyak 22%. Dari penelitian juga disimpulkan meminum jus apel dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Namun hindari membeli jus apel dalam kemasan, karena kemungkinan mengandung bahan tidak alami dan gula berlebih. Pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan, serta sebaiknya membuat jus apel sendiri.
  1. Jus Wortel
    Seperti jus apel, jus wortel mengandung banyak serat larut, yakni mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkan dari tubuh. Jus wortel juga mengandung kalsium dan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan untuk metabolisme kolesterol jadi tubuh dengan mudah menyingkirkannya. Selain itu juga mengandung antioksidan kuat bernama betakaroten, untuk mengurangi oksidasi LDL.
  1. Air Lemon
    Minuman ini juga baik mengurangi kadar kolesterol karena mengandung antioksidan dan pektin yakni serat larut menyehatkan jantung. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kulit lemon bermanfaat karena mengandung d-limonene yang bisa menurunkan kadar trigliserida.
  2. Jus Delima
    Delima disebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Mayo Clinic mengungkapkan jus delima mengandung antioksidan polifenol. Jumlah antioksidannya tiga kali lipat dari teh hijau atau red wine.

Asupan antioksidan yang tinggi berkaitan dengan kesehatan jantung dan kolesterol yang lebih baik. Pilih jus delima alami tanpa tambahan gula atau pemanis buatan lain.

5. Teh Hijau
Teh hijau, menurut Healthline juga jadi minuman penurun kolesterol. Minuman ini mengandung antioksidan tinggi. Pilihlah teh hijau daun dibandingkan yang celup untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, karena sudah melalui banyak proses pengolahan. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini