spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Jika Pemerintah Tak Canggih Menghadapi Pandemi, Negara Kolaps dalam Waktu Satu Pekan ke depan!

KNews.id- Jika pengendalian pandemi covid-19 tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh pemrintah, tak bisa dihindarkan bahwa akan terjadi kolaps. Pasalnya, di sejumlah rumah sakit fasilitas kesehatan mengalami kesulitan.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane. Bahkan menurutnya, kolaps tersebut bisa saja terjadi dalam satu pekan ke depan.

- Advertisement -

“Pengawasan di lapangan itu dibutuhkan untuk memantau apakah regulasi kita itu memang dilaksanakan dengan baik itulah tugas teman-teman di Satgas dan TNI Polri agar bisa mengawal penerapan regulasi,” tegasnya, dikutip dari siaran live BNPB Kamis (17/6).

Ia juga meminta agar para pemegang kepentingan agar memperhatikan kondisi tersebut.

- Advertisement -

“Jika tak ada containment, tidak ada pengendalian yang tepat dan cepat saya bisa katakan dua minggu sampai 1 bulan lagi kita sudah akan kolaps,” tegasnya.

Selain itu menurutnya, pembatasan mobilitas tak bisa seterusnya efektif membendung lonjakan kasus covid-19, kemudian, peran masyarakat menurut Pane dinilai penting dalam menekan kasus COVID-19, dengan disertai upaya pemerintah melakukan tracing yang baik.

- Advertisement -

Pane menambahkan, bahwa strategi pengendalian pandemi tak bisa hanya berjalan satu aspek saja. Perlu ada sinergi maksimal antara pemerintah dan masyarakat dalam menjalani perannya masing-masing.

“Karena itu strategi untuk mengatasi masalah ini tidak bisa hanya dengan terus menambah tempat tidur karena hanya pada satu titik itu akan terjadi lonjakan dimana RS dan tempat tidur sudah tidak mampu lagi mengatasinya,” tegasnya. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini