spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

Jet Tempur Saudi Ditembak Jatuh oleh Pemberontak Houthi?

KNews.id- Sebuah jet tempur milik Arab Saudi ditembak jatuh di negara Yaman. Dilaporkan bahwa pihak pemberontak mengklaim menembak jatuh jet tersebut. Dilansir dari AFP, Ajad (16/2), pesawat tornado Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi jatuh di Provinsi Al-Jawf, Yaman bagian utara. Informasi jatuhnya pesawat disampaikan langsung Biro Pers Pemerintah Arab Saudi, Sabtu (15/2).

Jubir kelompok pemberontak Houthi Yahya Saria mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tempur Saudi. Pesawat jatuh setelah ditembak dengan rudal dari darat ke udara. Gerilyawan melaporkan beberapa serangan udara koalisi pada hari Sabtu di daerah yang dikuasai Huthi di mana pesawat itu jatuh ketika warga setempat berkumpul di dekat reruntuhan, menurut Al-Masirah.

- Advertisement -

Serangan bom itu menewaskan “belasan” orang, Al-Masirah menambahkan, sebuah klaim yang tidak dapat segera diverifikasi oleh pekerja bantuan lokal. Konflik dan bentrokan bersenjata antara kelompok Houthi dan tentara koalisi pimpinan Saudi terjadi sejak 2015. Ribuan warga sipil tewas dan mengungsi karena konflik ini.

PBB bahkan sempat menyebutnya sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Bahkan Arab Saudi dan pemerintah Yaman sempat jadi sasaran kritik karena tak bisa meminimalisir korban. Walhasil pemerintah Barat memotong pengiriman senjata. Arab Saudi termasuk Yaman membeli senjata dari AS, Prancis dan Inggris. (Fahad Hasan&AFP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini