spot_img
Rabu, Mei 15, 2024
spot_img

Jangan Coba-coba! Ini 3 Investasi Emas yang Bisa Bikin Miskin

KNews.id – Walaupun sering disebut sebagai aset yang aman saat dunia dilanda ketidakpastian, investasi emas juga tidak boleh sembarangan. Salah investasi justru bisa berujung masalah di kemudian hari.

Satu-satunya investasi emas yang aman tentunya adalah dengan membeli emas batangan. Namun ketahuilah bahwa tidak semua orang mampu membeli emas batangan, dan membeli emas batangan dengan gramasi kecil juga bisa berujung rugi. Penasaran dengan tiga cara investasi emas yang berbahaya? Berikut ulasannya.

- Advertisement -

Investasi emas digital di aplikasi seperti ini

Investasi emas digital sejatinya cukup menguntungkan karena selain praktis dan bermodal ponsel genggam saja, selisih harga beli dan buybacknya juga rendah. Bukan cuma itu, meski disebut emas digital, Anda pun bisa mencetak emas yang Anda beli dalam bentuk batangan.

- Advertisement -

Meski demikian tidak semua aplikasi investasi emas digital layak untuk digunakan. Jika Anda memilih aplikasi yang tidak mengantongi izin operasi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), maka hal itu sangat berbahaya untuk dilakukan. Seluruh transaksi yang dilakukan pedagang emas digital yang diawasi BAPPEBTI ke pelanggan, tentu akan diselesaikan dan dicatat oleh PT Kliring Berjangka Indonesia. Lain halnya dengan pedagang emas yang tidak mengantongi izin operasi.

Selain memberikan rasa aman, izin dari otoritas juga akan memberikan sebuah kepastian hukum ke konsumen.

- Advertisement -

Investasi perhiasan emas

Satu keunggulan memiliki perhiasan emas adalah bisa dikenakan kapanpun sebagai aksesoris, yang menunjang penampilan Anda. Namun perhiasan umumnya bukan terbuat dari emas murni layaknya emas batangan. Umumnya, ada zat-zat atau logam lain yang dicampurkan ke dalam perhiasan emas. Sebut saja seperti, perak, tembaga, seng, palladium, dan lain sebagainya.

Harga perhiasan yang mahal juga dipengaruhi oleh ongkos pembuatan perhiasan. Jangan heran kalau suatu waktu Anda ingin menjualnya, pedagang justru menawar perhiasan emas Anda di bawah harga beli. Alangkah baiknya untuk memandang aset ini sebagai aset guna saja. Jika Anda ingin membelinya, tak perlu berharap imbal hasil fantastis dari harga jual perhiasan Anda di masa depan.

Investasi emas yang imbal hasilnya dijanjikan

Mengingat harga emas yang selalu berfluktuasi setiap harinya, sangatlah aneh jika ada entitas yang menawarkan investasi emas dengan jaminan imbal hasil kepada Anda. Tidak ada instrumen investasi yang imbal hasilnya bisa dijamin selain deposito dalam jumlah tertentu, dan surat berharga negara. Besar kemungkinan investasi emas yang ditawarkan ke Anda adalah investasi emas bodong yang mengandung skema piramida. (Zs/CNBC)

 

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini