spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

JALIN Dukung Perluasan Kartu Debit GPN Sebagai Alat Pembayaran Online

KNews – JALIN dukung perluasan kartu debit GPN sebagai alat pembayaran online. PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) terus mendukung rencana perusahaan dalam negeri untuk menjadi enabler digital payment dalam membangun digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia, khususnya transaksi e-commerce serta perluasan penerimaan kartu debit Gerbang Pembayaran Nusantara (GPN) sebagai alat pembayaran online.

Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista mengatakan, perluasan ini dapat dimanfaatkan oleh para member Jalin dalam menjawab pertanyaan dari masyarakat secara luas tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan kartu debit GPN di merchant online saat bertransaksi di e-commerce. Fitur imi sejalan dengan peran Jalin dalam memberikan kenyaman di setiap transaksi.

- Advertisement -

“Ini tentu sejalan dengan peran Jalin untuk memberikan kenyaman di setiap transaksi keuangan guna mendukung visi besar menjadi The National Digital Highway,” ujar Boyke dalam sebuah webinar bertajuk ‘E-Commerce and Its Challenges in the Digital Age’ yang digelar Jalin, Sabtu, 26 Maret 2022.

Sementara itu didiskusi yang sama, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengungkapkan, bahwa pertumbuhan nilai transaksi e-commerce sampai dengan akhir 2021 tercatat sebesar Rp401 triliun.

- Advertisement -

Namun menurut datanya, potensi masyarakat yang sudah menggunakan internet belum sepenuhnya melek digital yakni sebesar 20% dari nilai total penduduk Indonesia.

“Pertumbuhan penggunaan e-commerce ditunjang 2 hal utama yakni logistik dan sistem pembayaran digital, oleh sebab itu penting bagi kita untuk mulai mendukung pertumbuhan UMKM karena mayoritas UMKM di Indonesia berada di sektor mikro agar secepatnya bisa beralih ke ekosistem digital,” ucap Bima Laga.

- Advertisement -

Di sisi lain, Joni Haryono selaku General Manager PT Infinitium Solutions (PTIS) menambahkan  bahwa untuk mendukung masyarakat agar beralih kepada transaksi pembayaran digital diperlukan sistem yang aman dan memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Salah satu sistem untuk menjamin hal tersebut adalah penggunaan 3 Domain Secure atau 3DS.

“Melalui penggunaan 3D Secure yang diimplementasikan oleh Jalin kepada seluruh membernya, Jalin akan hadir sebagai directory server yang menghubungkan antara payment gateway dengan member bank. Hal ini diharapkan akan memberikan keamanan bagi masyarakat secara luas ketika melakukan transaksi kartu debit GPN di e-commerce,” imbuh Joni.

Momen yang baik ini sekaligus memberikan gambaran serta memperluas penerimaan kartu debit GPN yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di merchant offline menjadi dapat digunakan di merchant online.

Dalam mengapresiasi para member Jalin yang sejauh ini telah melakukan sinergi bersama, pihaknya menggelar “Jalin CX Summit 2022”.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh member Jalin yang sudah berkolaborasi dan saling bersinergi sehingga dapat melewati tahun 2021 dengan baik. Boyke Yurista selaku Direktur Utama Jalin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh member yang tergabung.

Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh member untuk saling memaksimalkan potensi serta mengembangkan kesinambungan kerja sama yang saling menguntungkan.

“Mewakili seluruh manajemen, saya mengucapkan terima kasih atas sinergi yang baik selama ini dan tidak lupa kerja sama yang sudah terbangun bisa ditingkatkan lagi agar saling memberi manfaat bagi Jalin dan seluruh member sekalian,” papar Boyke.

Jalin CX Summit merupakan gelaran event pertama yang diadakan perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh member dan dikemas dalam bentuk pemberian penghargaan.

Adapun daftar penerima penghargaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. The Best Partner of The Year (Bank Mandiri)
  2. The Most Active Issuer ATM Business (BRI)
  3. The Most Active Acquirer ATM Business (BNI)
  4. The Most Excellence Sharia Bank (BSI)
  5. The Most Responsive Bank (BCA)
  6. The Most Supportive Bank (BTN)
  7. The Most Cooperative Bank (BPD Lampung)
  8. The Most Excellence Growth BPD (BPD Sumut)
  9. The Most Loyal Bank (Bank Ganesha)
  10. The Most Active QRIS (Bimasakti) (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini