spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Jalani Perawatan Intensif, Menpan RB Tjahjo Kumolo Sakit Infeksi Paru-paru

KNews – Jalani perawatan intensif, Menpan RB Tjahjo Kumolo sakit infeksi paru-paru. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan mengalami sakit.

Tjahjo Kumolo hingga kini masih menjalani perawatan intensif atas penyakit infeksi paru-paru yang dialaminya.

- Advertisement -

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk sementara menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB.

Di samping itu, berbicara mengenai penyakit infeksi paru-paru sendiri sering terjadi pada banyak orang.

- Advertisement -

Pada beberapa orang kondisi ini bisa menjadi parah dan berbahaya tergantung dengan jenis infeksi yang dialaminya.

Penyebab

Melansir laman Healthline, infeksi paru-paru yang sering menyerang yaitu bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis. Ketiga jenis tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang pari-paru.

- Advertisement -

Untuk mikroorganisme yang menyerang bronkitis di antaranya sebagai berikut.

  • Virus influenza atau virus pernapasan syncytial (RSV).
  • Bakteri seperti Mycoplasma pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, dan Bordetella pertussis.

Untuk mikroorganisme penyebab pneumonia di antarannya sebagai berikut.

  • Bakteri Streptococcus pneumoniae (paling umum), Haemophilus influenzae, dan Mycoplasma pneumoniae.
  • Virus influenza atau RSV.

Selain itu, untuk infeksi paru-paru jamur lebih sering terjadi pada orang yang mengalami imunosupresi, baik dari jenis kanker tertentu atau HIV atau dari minum obat imunosupresif.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan dari seseorang yang mengalami infeksi paru-paru di antaranya sebagai berikut.

Batuk dengan lendir kental

Infeksi paru-paru dapat ditandai adanya batuk dengan lendir kental. Lendir itu sendiri dihasilkan karena peradangan pada saluran udara dan paru-paru. Pada beberapa kasus, lendir yang dihasilkan juga dapat mengeluarkan darah.

Lendir kental yang keluar itu sendiri biasanya memiliki warna yang berbeda seperti, jernih, putih, hijau, dan abu-abu kekuning-kuningan.

Nyeri dada 

Dada yang nyeri dapat menjadi tanda seseorang mengalami infeksi paru-paru.  Biasanya muncul rasa nyeri tajam yang menusuk pada bagian dada. Hal ini juga semakin terasa terutama saat batu dan menarik napas dalam-dalam.

Demam

Paru-paru yang terinfeksi dapat menyebabkan seseorang menjadi demam. Bahkan pada situasi yang buruk, suhu orang tersebut bisa mencaai 40,5 derajat celsius.

Demam tinggi itu juga diikuti dengan gejala lain seperti berkeringat, panas dingin, nyeri otot, dehidrasi, sakit kepala, dan kondisi fisik yang lemah.

Sakit pada bagian tubuh

Gejala seseorang mengalami infeksi paru-paru juga dapat dirasakan dengan munculnya rasa sakit pada bagian tubuh seperti otot dan punggung. Hal ini akan membuat otot-otot pada tubuh terasa nyeri dan sakit.

Hidung meler

Sama halnya dengan flu, salah satu gejala infeksi paru-paru yaitu hidung meler seperti sedang pilek. Biasanya, hal ini juga diikuti bersin serta rasa tidak nyaman.

Sesak napas

Sesak napas juga menjadi tanda adanya indikasi infeksi paru-paru. Seseorang biasanya akan merasa kesulitan untuk bernapas.

Kelelahan

Seseorang yang mengalami infeksi paru-paru biasanya mudah lelah saat beraktivitas. Hal tersebut akan membuatnya menjadi lesu dan lelah karena infeksi pada paru-parunya.

Mengi

Gejala infeksi paru-paru lainnya yaitu mengi. Kondisi mengi terjadi karena saluran udara yang mengalami penyempitan dan meradang.

Hal ini akan membuat seseorang sulit untuk mengeluarkan napas atau dikenal dengan nama bengek.

Kulit dan bibir yang biru

Seseorang yang mengalami infeksi paru-paru biasanya memiliki bibir dan kuku yang membiru.

Hal tersebut terjadi karena orang tersebut kekurangan oksigen dalam dirinya akibat paru-paru yang terinfeksi virus dan bakteri.

Suara berderak paru-paru

Munculnya suara derak seperti suatu benda yang patah pada paru-paru dapat menjadi tanda adanya infeksi.

Biasanya dokter mendengar suara-suara tersebut dengan menggunakan stetoskop di paru-paru orang yang terinfeksi. (RKZ/sc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini