spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Izin Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Segera Keluar, Ini Penjelasan Menhub

KNews.id – lzin operasi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan segera dikeluarkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Izin itu, kata dia, bakal terbit setidaknya sebelum 1 Oktober 2023.

Budi menjelaskan bahwa pihaknya telah mengkaji regulasi dari berbagai negara terkait dengan operasional kereta cepat.

- Advertisement -

“Lalu izin operasi, kami pada dua minggu mendatang akan intens melakukan satu commissioning atau tes terhadap kereta-kereta yang akan dipakai,” ujar Budi di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

“Dan kita harapkan bulan Juli akhir selesai dan Insyaallah 18 Agustus kita sudah bisa lakukan kegiatan yang Insya Allah presiden hadir di sana,” imbuh dia. Saat ini, pihaknya tengah melakukan pengamatan dengan Perancis pada kereta api yang akan di gunakan.

- Advertisement -

Budi menyampaikan, ada tiga aspek keselamatan yang wajib ditinjau dari KCJB. Ketiganya yakni keamanan kereta, prasarana kereta, dan sound barrier atau pencegahan kebisingan saat menumpang kereta.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung – Foto Istimewa

“Menjadi penting dalam kegiatan transportasi, satu tentu berkaitan dengan keretanya sendiri. Kalau saya lihat tadi safety, saya membandingkan dengan beberapa negara, ini top,” tutur Budi.  Budi Karya Sumadi ikut menjajal KCJB bersama sejumlah pejabat lain. Dia menumpangi kereta dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur ke Stasiun Tegalluar, Bandung dan sebaliknya.

- Advertisement -

Budi menilai kereta tersebut melaju dengan stabil. “Luar biasa, (kecepatan) 350 kilometer per jam, dan stabil. Kita bisa berjalan tanpa pegangan,” kata Budi.

Menurut dia, ini pertama kalinya Indonesia memiliki kereta api dengan kecepatan tinggi yang sama dengan kereta milik China.  “Kereta cepat dan pertama kali dilakukan, kecepatan yang sama dengan Tiongkok. Jadi kecepatan 350 kilometer per jam ada di Tiongkok, itu pun ada di dua lokasi dan di Indonesia baru dilakukan,” papar Budi.

Senada dengannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) nyaman untuk ditumpangi.

“Tingkat suara, kekedapan suara, kemudian kegoyangannya dan sebagainya itu betul-betul tadi sangat bagus,” terang Luhut.  “Kami bisa rapat di dalam tanpa suara keras, (berbicara) dengan suara yang biasa saja jadi sangat baik,” lanjutnya lagi.  Luhut meyakini bahwa proyek KCJB dapat selesai tepat waktu dan diresmikan sesuai jadwal.

Nantinya, kereta api cepat itu bakal membawa penumpang sebanyak 68 kali perjalanan dalam sehari.  “Ke depan ini akan ada 68 kali perjalanan satu hari, dengan rata-rata penumpang 601 orang,” ujar Luhut.  Dengan begitu, lanjut dia, penumpang dengan rute Jakarta-Bandung akan merasa lebih nyaman. Kata dia, uji coba menggunakan kereta inspeksi kali ini berjalan dengan lancar.

(Zs/Ktn.Co)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini