Iwan Sumule: Kejatuhan Rezim Bukan karena Krisis Ekonomi Saja, tapi…

KNews.id- Berbagai spekulasi terkait lengsernya Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden muncul ke permukaan. Ada sebagian kalangan menyebut pemicunya adalah akibat krisis ekonomi yang tak jua menemukan jalan keluar. Namun, tidak sedikit juga yang memperkirakan karena ketidakjelasan penegakan hukum.

Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Iwan Sumule, justru berpandangan berbeda dengan banyak pihak. Menurutnya, rezim runtuh bukan karena korupsi bansos yang menyeret mantan menteri dari PDIP, Juliari Batubara. Bukan juga karena ekonomi yang seharusnya meroket malah jadi tekor selama dipimpin Jokowi.

“Bahkan bukan juga karena dana haji yang sedang marak, dan bukan karena rencana pajak sembako,” tukas Iwan Sumule, Senin (14/6).

Iwan Sumule menjelaskan bahwa dalam analisa tersebut, Jokowi diperkirakan lengser, karena pemilihan panglima TNI.

“Yang kemungkinan membuat tetangga ProDEM tak puas. Iya nggak sih?” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November tahun ini. Dua Kepala Staf TNI digadang akan menjadi penggantinya, keduanya adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Dalam dua periode sebelumnya, jabatan panglima TNI selalu dijabat dari matra Angkatan Darat. Sementara matra Angkatan Laut yang terakhir menjabat sebagai panglima TNI adalah Laksamana Agus Suhartono, yakni pada September 2010 hingga Agustus 2013. (AHM/bcra)

Baca Juga   Aktivis Perkotaan: Selamatkan KPK Harus Mengganti Rezim secara Total
Leave A Reply

Your email address will not be published.

Contact me
email