Isu Reshuffle Memanas, Andika Perkasa Menjadi Kepala BIN, Budi Gunawan Menko Polhukam, Mahfud MD?

KNews.id- Isu terbaru reshuffle kabinet kembali terdengar. Nama Andika Perkasa disebut bakal menduduki jabatan Kepala BIN. Sementara Budi Gunawan alias BG bakal diplot sebagai Menko Polhukam. Bila skenario itu yang dipilih Presiden Jokowi, lantas ke mana Mahfud MD?

Pendiri lembaga survei KedaiKopi, sekaligus pengamat politik Hendri Satrio (Hensat) mengatakan Jokowi memiliki hak prerogatif memilih Panglima TNI dan menteri yang baru.

“Saya pikir presiden tidak mengulur-ulur waktu. Hadi Tjahjanto pensiun November nanti. Ada kemungkinan presiden belum nyaman jika harus cepat diganti. Biasanya sih calonnya dari tiga kepala staf TNI yang ada,” ujar Hensat.

Selama ini, lanjutnya, Jokowi sering bikin kejutan. Bisa jadi Andika Perkasa dan Hadi Tjahjanto ditarik ke kabinet.

“Soal itu tergantung kebutuhan presiden,” imbuhnya. Namun, untuk Panglima TNI yang baru, Hensat menyarankan seharusnya konsentrasinya adalah pengamanan negara.

Bagi dia, sosok Panglima TNI yang adalah yang memahami ancaman internasional.

“Misalnya soal konflik di Natuna. Nah, seharusnya yang dipilih sebagai Panglima TNI tahu persis soal itu,” pungkasnya.

Nah, bagaimana dengan reshuffle kabinet? Ada isu Andika Perkasa masuk. Sementara posisi Budi Gunawan digeser ke jabatan baru sebagai Menko Polhukam.

Lantas bagaimana dengan Mahfud? Rumor di lapangan menyebut Mahfud MD digeser menjadi Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) menggantikan Yassona H Laoly.

Dan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dikabarkan bakal menjabat Menteri Perhubungan. Tapi, isu-isu tersebut masih belum terkonfirmasi secara pasti.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI ke DPR RI pada bulan ini.

Surpres dikirim sebelum Jokowi bertolak menghadiri KTT G20 di Roma pada 30 dan 31 Oktober 2021. Seiring dengan itu, Jokowi juga disebut-sebut bakal melakukan reshuffle kabinet. (Ade/WE)

Baca Juga   Muncul Desakan Reshuffle Imbas Gagal Menangani Covid-19, Saiful Anam Ungkap Deretan Menteri Jokowi yang Layak Dipecat
Leave A Reply

Your email address will not be published.

Contact me
email