spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Isu Panas Terbaru Seputar Reshuffle 15 Juni

KNews.id- Isu reshuffle kabinet 15 Juni 2022 menguat dengan Istana menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bebas melakukannya, termasuk bisa jadi besok. Siapa saja menteri yang bakal kena reshuffle?.

Tak ada bantahan dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung soal kabar perombakan kabinet atau reshuffle 15 Juni. Pramono menyerahkan sepenuhnya perombakan kabinet kepada Jokowi.

- Advertisement -

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata Pramono kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6).

Pramono menjelaskan Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini.

- Advertisement -

“Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi… beliau sangat tahulah,” ujarnya.

Dari informasi yang diterima, ada lima kursi menteri yang bakal berganti kepemilikan. Lima kementerian yang menterinya bakal digeser ini ada di bidang ekonomi, yaitu Menteri BUMN, Menteri ATR/BPN, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri Perhubungan.

- Advertisement -

Beredar juga informasi masuknya mantan Menparekraf Wishnutama ke dalam kabinet Jokowi. Belum diketahui apakah Wishnutama kembali menjadi menteri atau mengisi satu dari 10 kursi wamen yang masih kosong.

Isu soal lima kursi yang digeser Jokowi juga terdengar sayup-sayup di kalangan politikus partai pendukung pemerintahan saat ini. Namun belum ada yang mau bicara terbuka soal waktu dan jumlah pasti menteri yang kena reshuffle.

Jokowi soal Reshuffle
Mensesneg Pratikno juga sempat bicara soal isu reshuffle. Meski tak menyatakan lugas isu reshuffle itu valid, Pratikno berjanji akan memberikan bocorannya jika benar bakal ada reshuffle dalam waktu dekat.

“Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit,” kata Pratikno di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6). Pratikno menjawab pertanyaan soal kabar reshuffle dilakukan Juni.

Sementara itu, Presiden Jokowi berucap ‘belum’ soal reshuffle namun dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut maksud ‘belum’ tersebut.

“Mmm… belum,” kata Jokowi sembari tersenyum setelah menghadiri peresmian Masjid At-Taufiq di Jakarta Selatan, Rabu (8/6).

Sebanyak 10 Kursi Wamen Kosong
Sejak tahun lalu, Presiden Jokowi ‘gemar’ menerbitkan perpres yang isinya mengatur posisi wamen. Beberapa posisi wamen sudah terisi, namun ada 10 yang hingga kini masih tak berpenghuni.

1. Wakil Menteri Sosial
2. Wakil Menteri ESDM
3. Wakil Menteri Investasi
4. Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas
5. Wakil MenPAN-RB
6. Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
7. Wakil Menteri Koperasi dan UKM
8. Wakil Menteri Perindustrian
9. Wakil Menteri Ketenagakerjaan
10. Wakil Menteri Dalam Negeri. (AHM/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini