spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Istana: Jangan Mempermasalahkan Seremoni Ritual di IKN Nusantara!

KNews.id- Kantor Staf Presiden (KSP) meminta masyarakat agar tidak mempersoalkan prosesi simbolis penyatuan tanah dan air yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Kepala Negara melakukan prosesi tersebut bersama seluruh gubernur se-Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Senin (14/3).

- Advertisement -

Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong mengungkapkan kegiatan simbolis sangat berbeda dengan ritual atau klenik.

“Kegiatan simbolik seperti itu ada di mana-mana dalam budaya kita. Simbol itu bisa dimaknai macam-macam, tetapi yang terpenting kita harus melandasi dengan niat baik. Dalam hal ini, sebagai wujud dukungan dan persatuan,” ujar Wandy kepada wartawan.

- Advertisement -

Hal senada diutarakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pihaknya menilai acara simbolis di titik nol IKN sebagai hal yang wajar. Serta, bentuk tanda dukungan kepada pemerintah pusat.

Adapun Pemprov Jawa Barat mengumpulkan tanah dan air dari 27 kabupaten/kota. Kemudian, disatukan di Gedung Sate dan dituangkan ke dalam Bejana Nusantara.

- Advertisement -

“Jadi kita kumpulkan dulu dari 27 kabupaten/kota. Setelah itu, kita satukan di Gedung Sate, terus dibawa ke sini. Saya kira simbolis ini penting untuk menunjukkan bahwa semua (pihak) mendukung,” pungkas Ridwan. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini