spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Israel Intimidasi ICC karena Incar Netanyahu atas Kejahatan Perang Gaza

KNews.id – Israel dilaporkan telah melakukan spionase dan intimidasi terhadap Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Laporan itu muncul setelah kepala jaksa pengadilan tersebut, Karim Khan, meminta surat perintah penangkapan untuk para pemimpin Israel, termasuk Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu, atas tuduhan melakukan kejahatan perang di Gaza, Palestina.

Merespons hal itu, anggota Parlemen Belanda—negara tempat ICC berbasis—telah menyerukan penyelidikan. Spionase dan intimidasi oleh Israel diduga untuk menghalangi penyelidikan ICC terhadap para pejabat Zionis.

- Advertisement -

Sebuah pertanyaan tertulis yang diajukan oleh anggota Parlemen Kati Piri mendesak para menteri untuk menyelidiki kegiatan Israel tersebut. Piri adalah anggota aliansi Partai Buruh-Kiri Hijau, yang dipimpin oleh mantan Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans.

Sebuah pertanyaan, yang mendapat dukungan dari anggota Kiri Hijau dan Partai Buruh lainnya, ditujukan kepada Menteri Luar Negeri Hanke Bruins Slot, Menteri Dalam Negeri dan Hubungan Kerajaan Hugo de Jonge, dan Menteri Kehakiman dan Keamanan Dilan Yesilgoz-Zegerius.

- Advertisement -

Mosi tersebut, yang mengutip laporan media internasional, meminta agar ketiga kementerian tersebut, bersama dengan badan intelijen Belanda, menyelidiki upaya spionase dan intimidasi Israel terhadap ICC.

Upaya tersebut dilaporkan bertujuan untuk mengganggu penyelidikan kejahatan perang yang dilakukan di wilayah Palestina. Surat kabar Inggris; The Guardian, mengutip sumber, mengungkapkan pekan lalu bahwa Israel melakukan kampanye rahasia selama hampir satu dekade melawan ICC.

- Advertisement -

(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini