spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Iran Terus Melanjutkan Program Pengembangan Uranium

KNews.id- Iran melanjutkan pengayaan uranium 20% di fasilitas nuklir bawah tanah. Hal ini tentu melanggar pakta nuklir 2015 dengan negara-negara besar dan mungkin mempersulit upaya Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden untuk bergabung kembali dengan kesepakatan tersebut.

Langkah Iran tersebut adalah pelanggaran terbaru Iran atas perjanjian tersebut, yang mulai dilanggar pada 2019 sebagai tanggapan atas penarikan Washington dari perjanjian pada 2018 dan penerapan kembali sanksi AS yang dicabut berdasarkan kesepakatan tersebut.

- Advertisement -

Tujuan utama kesepakatan tersebut untuk memperpanjang waktu yang dibutuhkan Iran guna menghasilkan bahan fisil yang cukup untuk bom nuklir, setidaknya satu tahun dari sekitar dua hingga tiga bulan. Ini juga mencabut sanksi internasional terhadap Teheran.

“Beberapa menit yang lalu, proses produksi 20% uranium yang diperkaya telah dimulai di kompleks pengayaan Fordow,” kata juru bicara pemerintah Ali Rabeie kepada media pemerintah Iran, dikutip dari ReutersSenin (4/1).

- Advertisement -

Langkah tersebut adalah salah satu dari banyak yang disebutkan dalam undang-undang yang disahkan oleh parlemen Iran Desember lalu. UU ini sebagai tanggapan atas pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka negara itu, yang dituduhkan oleh Teheran kepada Israel. Langkah-langkah seperti itu oleh Iran dapat menghalangi upaya pemerintahan Biden yang akan datang untuk memasukkan kembali perjanjian tersebut.

Kepala Badan Energi Atom Internasional diatur untuk memberitahu anggota pada Senin (4/1) tentang perkembangan di Iran, kata IAEA, setelah pengumuman oleh Teheran.

- Advertisement -

“Badan pengawas telah memantau aktivitas di Pabrik Pengayaan Bahan Bakar Fordow di Iran. Berdasarkan informasi mereka, Direktur Jenderal Rafael Mariano Grossi diharapkan menyampaikan laporan kepada Negara Anggota IAEA hari ini,” kata juru bicara pengawas nuklir.

Pada 1 Januari, Badan Energi Atom Internasional mengatakan Teheran telah memberitahu pengawas itu bahwa mereka berencana untuk melanjutkan pengayaan hingga 20% di situs Fordow, yang terkubur di dalam gunung.

“Proses injeksi gas ke sentrifugal telah dimulai beberapa jam yang lalu dan produk pertama gas uranium hexafluoride (UF6) akan tersedia dalam beberapa jam,” kata Rabeie. “Prosesnya telah dimulai setelah mengambil tindakan seperti memberi tahu pengawas nuklir PBB.”

Iran sebelumnya telah melanggar batas kesepakatan 3,67% pada kemurnian yang dapat memperkaya uranium, tetapi sejauh ini hanya naik menjadi 4,5%, jauh di bawah level 20% dan 90% yang merupakan tingkat senjata.

Badan intelijen AS dan IAEA yakin Iran memiliki rahasia, program senjata nuklir terkoordinasi yang dihentikan pada tahun 2003. Iran menyangkal pernah memilikinya. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini