spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Iran Pengendali Syiah di Indonesia?

Oleh: M Rizal FadillahPemerhati Politik dan Kebangsaan 

KNews.id- DALAM buku “Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syi’ah di Indonesia” yang disusun oleh Tim Majelis Ulama Indonesia (Tim MUI) dijelaskan akan bahaya penyebaran faham Syi’ah di Indonesia. Pada bagian Pergerakan Syi’ah di Indonesia dan Penyebarannya diuraikan adanya potensi konflik Syi’ah dan Sunni di Indonesia.

- Advertisement -

Hasil penelitian Tim MUI  mengingatkan adanya lima poros Persebaran Syi’ah di Indonesia yang salah satunya adalah Poros Jakarta di Islamic Cultural Center (ICC). ICC secara struktural berada di bawah kendali Atase Kebudayaan Kedubes Iran di Jakarta. Menurut MUI lembaga ini diyakini menjadi pusat kendali operasi kegiatan Syi’ah di Jabodetabek dan bahkan Indonesia.

Kegiatan ICC yang berkantor di Jl. Buncit Raya ini di samping memperkenalkan kebudayaan Iran, termasuk kursus gratis bahasa Persia, juga melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Di antaranya adalah perayaan hari besar Syi’ah seperti Asyura, Arbain Imam Hussain, ritual do’a Kumail, peringatan Revolusi Islam, pembuatan film Iran, pameran buku dan lainnya.

- Advertisement -

Beberapa waktu yang lalu ICC memfasilitasi kunjungan ke MUI Sulawesi Selatan. ICC bersama dengan rombongan tokoh spiritual Iran dipimpin Ayatullah Sayyid Jawad Syahristani dan Prof Dr Abdolmajed Hakimellahi berbicara banyak hal di antaranya menawarkan bea siswa gratis studi di Qom dan tempat lain Iran.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini