spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Investasi Swasta di IKN Mulai Berjalan Agustus, Bahlil: Fokus Pemerintah Selesaikan Infrastruktur Dasar

KNews- Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan investasi sektor swasta di Ibu Kota Nusantara atau IKN akan terealisasi mulai Agustus mendatang. Hal ini setelah pembangunan infrastruktur dasar selesai.

“Sekarang yang dibangun adalah infrastruktur dasar. Semua investasinya dari pemerintah. Nggak mungkin investasi swasta masuk tapi infrastruktur dasarnya belum clear,” ujar Bahlil saat ditemui wartawan di Hotel Shangri-la Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

- Advertisement -

Oleh karena itu saat ini pemerintah berfokus pada penyelesaian infrastruktur dasar. “Ada investasinya kok. Jangan dirisaukan,” ujar Bahlil.

Kendati demikian, Bahlil belum mau membeberkan calon-calon investor yang berminat menanamkan modal di IKN. “Nanti kalau sudah masuk, saya akan omongin,” ucap Bahlil.

- Advertisement -

Adapun sebelumnya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengaku telah menerima lebih dari 220 letter of intent (LoI) dari dunia usaha swasta dalam negeri dan luar negeri yang menyatakan siap berinvestasi di IKN. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Jumlah tersebut didasarkan pada pelaporan hingga Mei 2023.

Dari 220 LoI itu, sebanyak 24 di antaranya diterima ketika Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri KTT G7 di Hiroshima, Jepang, beberapa waktu lalu. Adapun 34 dari LoI tersebut ditindaklanjuti dengan penandatanganan non-disclosure agreement (NDA) dengan pemerintah dan siap diteruskan ke proses berikutnya.

- Advertisement -

“Total kalau yang namanya letter of intent keinginan dari calon investor swasta dalam dan luar negeri itu kita sekarang dapat kira-kira lebih dari 220 letter of intent,” ujar Bambang saat memberi sambutan dalam acara bertajuk “Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023” di Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023.

Bambang menjelaskan, investor yang akan menanamkan modalnya di IKN membutuhkan waktu untuk berikutnya merealisasikan investasinya secara langsung. Tahapan awal yang dilakukan investor di antaranya adalah dengan membuat studi kelayakan hingga melihat kondisi di lapangan terlebih dahulu. (RZ/TMP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini