spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Inilah Opsi Selamatkan Garuda Indonesia, Konversi Saham atau Lunasi Utang

KNews – Inilah opsi selamatkan Garuda Indonesia, konversi saham atau lunasi utang. Kondisi PT Garuda Indonesia Tbk yang terlilit hutang hingga Rp139 triliun hingga terancam bangkrut membuat pemerintah menyiapkan sejumlah opsi langkah penyelamatan.

DPR RI melalui Panitia Kerja (Panja) Komisi VI, misalnya, telah menyampaikan sejumlah rekomendasi, termasuk pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp7,5 triliun bagi emiten berkode saham GIAA tersebut.

- Advertisement -

Terbaru, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, juga turut menawarkan opsi penyelamatan lain, yaitu berupa pembayaran sebesar 20 hingga 25 persen dari total utang demi mengurangi sebagian beban perusahaan.

Sedangkan opsi lain adalah kesepakatan konversi utang menjadi saham yang bakal diambilkan dari porsi saham GIAA milik pemerintah.

- Advertisement -

Meski, belum diketahui pasti seberapa banyak utang yang bakal di’tukar guling’ dengan saham GIAA, termasuk juga berapa persen kepemilikan yang bakal rela dilepas oleh pemerintah kepada pihak lessor dan vendor GIAA.

“Sepengetahuan saya, negosiasi saat ini adalah lessor maupun vendor itu akan ditawarkan opsi dengan sirup bon yaitu dibayar dalam 20 tahun dengan bunga 0 persen. Itupun juga dengan (opsi) konfersi,” ujar Pengamat Penerbangan, Alvin Lie, kepada MNC Portal, Minggu (24/4/2022).

- Advertisement -

Meski belum ada informasi lanjutan apakah pihak kreditur setuju atas tawaran Menteri BUMN, Alvin menilai bahwa tawaran restrukturisasi ini penting untuk diperjuangkan lantaran dinilai efektif dalam menyelamatkan emiten penerbangan pelat merah dari jurang kepailitan.

Pasalnya, langkah ini dapat meringankan beban keuangan perusahaan, sehingga kinerja bisnisnya dapat berjalan baik kedepannya.

“Sebagian lagi ditawarkan utang itu dikonversi menjadi saham. Nah, dengan cara seperti itu, vendor atau lessor yang menyetujui akan sangat meringankan beban Garuda dan Garuda dapat optimis bisa bertahan hidup,” tegas Alvin. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini