spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Inilah Nama Pemimpin IKN Idaman Jokowi yang Sedang Digodok

KNews – Inilah nama pemimpin IKN idaman Jokowi yang sedang digodok. Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah melakukan sejumlah persiapan pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Salah satu persiapan yang tengah menjadi perbincangan yaitu pemilihan kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN). Lalu siapa kepala otorita IKN?

- Advertisement -

Otorita IKN merupakan lembaga pemerintah yang setingkat dengan kementerian. Tugas utama otorita IKN adalah mengurus perlaksanaan persiapan, pemindahan dan pembangunan ibu kota negara baru.

Selain itu, Otorita IKN nantinya juga akan bertugas menjadi lembaga penyelenggara Pemerintahan Khusus IKN. Tak heran banyak orang bertanya-tanya siapa Kepala Otorita IKN nanti?

- Advertisement -

Sebelumnya, mantan Gubernur Jakarta itu telah menandatangani Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) pada 15 Februari 2022 lalu. Jokowi dikabarkan telah memilih sosok yang akan menjadi kepala otorita IKN, hal ini diungkap oleh Wakil Ketua DPR RI Komisi II DPR RI, Luqman Hakim.

Siapa Kepala Otorita IKN pilihan Jokowi? Berikut calon-calonnya yang dikutip Hops.ID dari Suara.com, Minggu 20 Februari 2022.

- Advertisement -

1. Ridwan Kamil

Ridwan kamil merupakan lulusan Universitas California Berkeley, ia pernah menjadi dosen arsitek di Institut Teknologi Bandung. Gubernur Jawa Barat itu telah membuat karya yang telah diakui baik di dalam maupun di luar negeri.

Sejumlah bangunan yang iconic karya mantan Walikota Bandung ini yakni rumah botol Ridwan Kamil, museum Tsunami Aceh, masjid Al Irsyad, Marina Bay Waterfront Singapura, Ningbo Newtown Tiongkok dan lain sebagainya.

2. Tri Rismaharini

Mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini merupakan mahasiswa arsitek lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Wanita yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial ini pernah mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Selain itu Risma, juga mendapat penghargaan sebagai Wali Kota terbaik ketiga di dunia oleh World City Mayors Foundation. Ia dinilai berhasil mengubah Surabaya yang dulunya kumuh menjadi Kota yang bersih dan hijau.

3. Nova Iriansyah

SelainTri Rismaharini, Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga merupakan mantan mahasiswa lulusan Teknik Arsitektur ITS Surabaya pada 1982–1988.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan Magister Teknik Arsitektur di ITB Bandung tahun pada1995–1999. Sebelum menjadi Gubernur, Nova pernah bekerja sebagai dosen jurusan Teknik Arsitektur- Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh.

4. Danny Pomanto

Walikota Makassar, Danny Pomanto berpeluang menjadi sosok calon kepala IKN karena latar belakangnya sebagai arsitek profesional.

Sebanyak 650 karya telah berhasil diciptakan mantan dosen jurusan arsitektur di Universitas Hasanuddin, Makassar ini.

Beberapa karyanya, yaitu Masjid Raya Makassar, masterplan Teluk Palu, rumah sakit Private Care Hospital di Makassar, Kantor Gubernur Gorontalo dan Sulawesi Barat, dan masih banyak lagi.

5. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut memenuhi persyaratan menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin menilai wajar PDI Perjuangan mendorong nama Ahok menjadi Kepala IKN.

Selain nama di atas, Presiden Jokowi juga pernah menyebut bakal calon ketua IKN pada 2020 silam. Nama-nama tetsebut diantaranya yaitu Bambang Brodjonegoro, Tumiyana, dan Azwar Anas.

Namun belum diketahui secara pasti siapakah yang akan menjadi kepala otorita IKN, Jokowi dikabarkan akan mengumumkannya pada Maret atau April mendatang. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini