spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Inilah Kejutan Hasil Seleksi Calon Komisioner OJK yang Lolos Tahap II

KNews – Inilah kejutan hasil seleksi calon komisioner OJK yang lolos tahap II. Meski sudah diduga sebelumnya, hasil seleksi pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022 – 2027 cukup mengejutkan.

Calon yang berasal dari Bank Indonesia (BI) cukup mendominasi. Juga, dari Kemenkeu. Periode ini BI dan Kemenkeu sentris, sementara calon dari dalam OJK gugur.

- Advertisement -

Dari 155 Calon Anggota DK OJK yang lolos seleksi Tahap II ada 33 orang. Dari 33 orang tersebut, calon yang berasal dari BI atau institusi awalnya dari BI, ada 9 orang.

Mereka adalah Dian Ediana Rae (BI ke PPATK), Iskandar Simorangkir (BI ke Kemenko Ekuin), Hariyadi, Difi Johansyah, Didik Madiyono (BI ke LPS), Peter Yacob, Agusman, Tirta Segara (BI ke OJK), dan Doddy Zulverdy.

- Advertisement -

Sementara, calon dari OJK ada 3, yaitu Hidayat Prabowo, Etty Retno, dan Aditya Jayaantara. Dari tiga nama itu, 2 dari Departemen Keuanhan dan 1 dari Bank Mandiri

Di antara mereka, ada juga dua calon yang termasuk incumbent (masih menjabat di OJK), yakni Tirta Segara dan Hoesen. Sementara, yang sudah purnatugas adalah Iskandar Simorangkir, Dian Ediana Rae, Didik Madiyono, dan Difi Johansyah.

- Advertisement -

Menurut catatan Infobank Institute, boleh jadi calon yang lolos di babak II ini didominasi oleh calon dari BI dan Depkeu.

Sementara calon dari dalam OJK kecil, padahal sektor perbankan yang selama lima tahun ini tidak ada banyak goncangan, bahkan banyak pihak menyebut, bank-bank bermasalah disehatkan dengan penuh keberanian dan risiko politik, seperti penyehatan Bank Bukopin, Bank Muamalat dan Bank Banten.

”Orang-orang pengawasan perbankan OJK harusnya diberi jalan, dan diberi penghargaan, bukan malah didrop. Pengawasan bank itu butuh keberanian dan BI sudah lama tak terlibat pengawasan mikro prudensial,” kata seorang pengamat yang menyebut kali ini BI dan Kemenkeu sentris.

“Atau, jangan jangan OJK, meski tak ada jalurnya, dengan pilihan itu orang-orang itu bisa dikontrol di bawah Bank Indonesia dan Departemen Keuangan yang sekarang akrab setelah burden sharing,” analisa pengamat yang mengingatkan tentang indepensi OJK.

Seperti dewan juri, keputusan Pansel tidak bisa diganggu gugat. Dan, nama nama yang tertera 30 persen dari unsur BI.

Seperti diketahui, setelah melalui seleksi Tahap II yang didasarkan pada penilaian dari masyarakat, rekam jejak, dan makalah calon anggota DK OJK yang lolos di Tahap I, ada 33 orang yang lolos.

Berikut ini daftar 33 nama calon anggota DK OJK yang lolos seleksi Tahap II yang diumumkan hari ini, Minggu, 20 Februari 2022, dan ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi, Sri Mulyani Indrawati:

1. Firmansyah N. Nazaroedin, Ak., M.Sc., CA
2. Dr. Dian Ediana Rae, S.H., LL.M.
3. Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A., CRGP.
4. Junino Jahja, S.E., M.B.A.
5. Mahendra Siregar, S.E., M.Ec.
6. Dr. Marwanto, MA
7. Budi Santoso, S.E., Ak., MForAccy., PGCS., CA., CFE., CPA. (AUST.)
8. Ir. H. Hariyadi, M.B.A., CERG.
9. Hidayat Prabowo
10. Ir. Difi Johansyah, M.B.A.
11. Dr. Adi Budiarso, FCPA.
12. Didik Madiyono, S.E., M.M.
13. Pantro Pander Silitonga, B.Sc., M.B.A.
14. Ir. Ogi Prastomiyono, M.B.A.
15. Dr. Peter Jacobs, S.H., M.P.A.
16. Dr. Pahala Nainggolan, CA.
17. Dr. Agusman, S.E. Akt., M.B.A.
18. Dr. Friderica Widyasari Dewi, S.E., M.B.A.
19. Prof. Dr. Bambang Pamungkas, Ak., M.B.A., CA., CPA., CFRA.
20. Iwan Pasila
21. Ir. Darwin Cyril Noerhadi, M.B.A.
22. Inarno Djajadi
23. Dr. Agus Susanto, S.I.P., M.M., ACE.
24. Mirza Adityaswara
25. Yuli Kristiyono
26. Tirta Segara, S.E., M.B.A.
27. Etty Retno Wulandari, Ak., CA., M.B.A., Ph.D.
28. Sophia Issabella Watimena, S.E., CA., M.B.A.
29. Mohamad Fauzi Maulana Ichsan, M.Sc.
30. I. B. Aditya Jayaantara
31. Hoesen
32. Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, S.E., M.Sc.
33. Doddy Zulverdi, S.E., MIA. (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini