spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Inilah Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Bacaan Doa Khusus dan Tandanya

KNews – Inilah keistimewaan malam lailatul qadar, bacaan doa khusus dan tandanya. Bulan Ramadhan memiliki banyak momen istimewa bagi umat Islam, salah satunya adalah malam Lailatur Qadar. Apa keistimewaan malam Lailatul Qadar tersebut?

Selain itu, adakah tanda-tanda malam Lailatul Qadar yang dapat dirasakan? Adakah doa khusus yang dapat dibaca saat itu?

- Advertisement -

Satu per satu pertanyaan di atas akan dijawab dalam artikel ini. Dimulai dengan pengertian malam Lailatul Qadar itu sendiri.

Malam Lailatul Qadar adalah sebuah malam yang memperingati peristiwa bersejarah dalam agama Islam, yaitu ketika pertama kali malaikat Jibril menyampaikan perintah Allah SWT Kepada Nabi Muhammad SAW.

- Advertisement -

Saat momen itu terjadi wahyu pertama yang disampaikan malaikat Jibril adalah surat Al-Alaq ayat 1-5.

Berangkat dari peristiwa tersebut maka Lailatul Qadar dikatakan sebagai malam lebih baik daripada seribu bulan. Sebab menjadi malam dimana wahyu pertama dari Allah diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

- Advertisement -

Apakah keistimewaan malam Lailatul Qadar hanya itu saja? Tidak. Ada beberapa malam Lailatul Qadar lainnya.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

1. Malaikat Turun ke Bumi

Malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya dan mengaminkan setiap doa-doa yang dipanjatkan pada malam itu. Malaikat turun dengan membawa kedamaian kepada manusia yang memanfaatkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan.

2. Penulisan Takdir dalam Satu Tahun di Lauhul Mahfuzh

Pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT mencatat seluruh takdir mulai dari ajal, rezeki, dan lain sebagainya di Lauhul Mahfuzh selama satu tahun. Oleh karenanya, setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah agar dirinya mendapatkan banyak rezeki dan keberkahan.

3. Malam Penuh Berkah

Allah SWT menurunkan malam yang diberkahi dan menghapus segala dosa terdahulu umat muslim yang beribadah ketika malam Lailatul Qadar. Hal ini sesuai firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Ad Dukhan ayat 3 yang berbunyi sebagai berikut.

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3).

Doa Khusus Malam Lailatul Qadar

Doa khusus malam Lailatul Qadar ini sebagaimana diriwayatkan oleh Siti Aisyah. Beliau pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang doa yang dapat dibaca ketika malam Lailatur Qadar.

Diriwayatkan dalam beberapa kitab hadist, At-Tirmidzi nomor hadits 3513 dan Sunan Ibnu Madjah nomor hadits 3850. Doa tersebut berbunyi:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Pemurah, dan menyukai memberikan maaf, maafkanlah aku”.

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh HR. Imam Muslim yang menyebutkan “Malam (Lailatu Qadar) itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.”

Dari hadits tersebut disebutkan tanda-tanda yang muncul saat Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

1. Sinar Matahari yang Teduh

Munculnya Lailatul Qadar ditandai dengan kemunculan matahari dengan sinar yang sangat meneduhkan, tidak panas namun cerah. Hal ini dijelaskan oleh sabda Nabi Muhammad yang berbunyi “Keesokan hari malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

2. Udara terasa Sejuk

Tanda yang kedua adalah saat Lailatul Qadar muncul udara sejuk akan menyelimuti permukaan bumi, seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW “Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

3. 10 hari terakhir bulan Ramadhan

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari Nabi Muhammad pernah memerintahkan kepada Aisyah “Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan.”

Jadi dapat diartikan bahwa terjadinya Lailatul Qadar adalah saat 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan. Sekian penjelasan tentang malam Lailatul Qadar yang perlu Anda perhatikan. (RKZ/sc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini