spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Inilah Kebijakan MBS yang Mendobrak aturan Konservatif!

KNews.id- Sejak menjabat sebagai putra mahkota atau pemimpin de facto pada 2017 lalu, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) berhasil membuat Arab Saudi membuka diri terhadap dunia modern. Hal ini terlihat dari sejumlah kebijakan yang dikeluarkan MBS, yang kebanyakan mendobrak kultur konservatif dan berpihak kepada kaum perempuan. Berikut sejumlah aturan yang dikeluarkan MBS selama menjadi putra mahkota Saudi, dihimpun dari berbagai sumber.

Perempuan Boleh Menyetir dan Bebas Mengenakan Pakaian Apapun

Pada awal kepemimpinannya, MBS melakukan terobosan mengakhiri kebijakan kontroversial dengan mengizinkan perempuan menyetir mobil pada 2017. Tidak hanya itu, kaum perempuan di Arab Saudi juga diperbolehkan mengenakan pakaian apapun yang ingin mereka kenakan.

- Advertisement -

“Hukumnya sangat jelas dan diatur dalam hukum Syariah (hukum Islam): bahwa wanita mengenakan pakaian yang sopan dan terhormat, seperti pria,” kata MBS dalam sebuah wawancara dengan CBS pada 2018 lalu, sebagaimana dikutip Deutsche Welle (DW).

“Namun, ini tidak secara khusus menentukan abaya hitam atau penutup kepala hitam,” tambahnya. “Keputusan sepenuhnya diserahkan kepada wanita untuk memutuskan jenis pakaian yang layak dan terhormat yang dia pilih untuk dikenakan.”

- Advertisement -

Izinkan Pakaian Bikini di Pantai Hingga Konser

Salah satu wilayah di Arab Saudi, tepatnya kawasan King Abdullah City, merupakan salah satu kota internasional selain Jeddah yang melonggarkan aturan sosial. Di sana masyarakat diizinkan untuk mengenakan pakaian renang atau bikini di pantai-pantai privatnya.

- Advertisement -

Menurut laporan AFP, sejumlah pantai privat di King Abdullah Economic City juga mengizinkan pasangan lelaki dan perempuan yang belum menikah bercengkrama di depan publik. Hal ini dapat terlihat di pantai privat ‘Pure Beach’.

Selain itu, awal kepemimpinan MBS juga sudah mengizinkan konser dan bioskop beroperasi setelah tiga dekade dilarang di negara tersebut. Musisi dunia, seperti Mariah Carey dan Black Eyed Peas disebut pernah tampil di Saudi.

Festival besar-besaran juga sudah digelar. Salah satunya festival Riyadh Season 2021 yang menampilkan rapper Pitbull. Belum lama ini juga ada Global Flock Festival yang berhasil digelar.

Penyanyi asal Kanada Justin Bieber juga dikabarkan akan tampil mengisi acara saat Arab Saudi menjadi tuan rumah Formula Satu Grand Prix Arab Saudi di Jeddah.

Perempuan Boleh Hidup Sendiri dan Ganti Nama tanpa Izin Wali

Di era MBS, Arab Saudi juga sudah mengizinkan perempuan bepergian, belajar di luar negeri, menghadiri acara olahraga publik, melakukan berbagai kegiatan, hingga hidup sendiri tanpa didampingi wali laki-laki.

Di hadapan pengadilan Syariah Saudi, otoritas Kehakiman menghapus pasal 169 dalam Hukum Acara negara tersebut.

“Seorang wanita dewasa memiliki hak untuk memilih tempat tinggal,” kata undang-undang yang telah direvisi, mengutip Middle East Monitor pada Juni lalu,

Masih dalam UU itu, disebutkan pula wali dari seorang perempuan hanya dapat melaporkan jika mereka miliki perempuan itu melakukan kejahatan. Selain itu, jika perempuan yang sudah bebas dari penjara tidak akan diserahkan kepada wali.

Awal 2021 lalu, Kerjaan juga mengizinkan perempuan yang berusia di atas 18 tahun mengubah nama mereka tanpa mengantongi izin wali. Pihak berwenang juga mencabut pembatasan perjalanan bagi perempuan saat 2019 lalu. Dalam aturan itu, perempuan di atas 21 tahun diizinkan mengajukan paspor dan bepergian dengan bebas.

Perempuan dapat Masuk Militer

Pada Februari 2021 lalu, pemerintah Saudi membuka pendaftaran Angkatan Bersenjata bagi perempuan. Mereka yang berusia 21 hingga 40 tahun boleh mendaftar.

Kemudian dua bulan lalu, Kerajaan meluluskan angkatan pertama tentara perempuan dari Pusat Pelatihan. Kelulusan ini dianggap menjadi sejarah sebagai upaya reformasi pemberdayaan perempuan yang dicanangkan pemerintah. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini