spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Inilah Amalan Sederhana di Bulan Ramadhan, Pahalanya Luar Biasa

KNews – Inilah amalan sederhana di bulan Ramadhan, pahalanya luar biasa. Selama bulan Ramadan, umat Islam berlomba-lomba meraih pahala untuk memaksimalkan bulan yang penuh berkah.

Pada dasarnya, Allah ingin memudahkan umat Islam melalui ibadah ringan dengan pahala besar selama bulan Ramadan.

- Advertisement -

Ustadz Hanan Attaki melalui khotbahnya mengajak umat Islam mengamalkan ibadah ringan dengan pahala besar sebagai berikut.

Ucapkan subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘Azhim

Dua kalimat yang berarti ‘Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung’ adalah ibadah ringan dengan pahala besar yang pertama.

- Advertisement -

Dikutip dari Youtube Shift Media, Ustadz Hanan Attaki menjelaskan bahwa dua kalimat ini sangat ringan diucapkan tapi berat di dalam timbangan kebaikan.

“Nanti pas kita dihisab di Padang Mahsyar timbangan kebaikan dan keburukan, dia akan sangat berat. Lebih berat dari gunung Uhud dan Allah menyukai kalimat tersebut,” ujar Ustadz Hanan Attaki.

- Advertisement -

Bahkan dalam sekali ucap sekalipun, kebaikannya sangat berat untuk manusia.

Ucapkan la ilaha illallah

“Nabi Nuh AS pernah mengatakan, seandainya langit dan bumi diletakan di atas timbangan dan kalimat la ilaha illallah di sisi lainnya, sungguh kalimat la ilaha illallah lebih berat dari langit dan bumi,” kata Ustadz Hanan Attaki

Nabi Muhammad SAW mengajarkan pada umat Islam kalimat tauhid yang berarti ‘tiada tuhan selain Allah’ ini lebih berat dari langit dan bumi.

Siapapun yang membaca kalimat tersebut dalam dzikirnya, doanya, bahkan akhir hayatnya, maka seolah-olah dia datang kepada Allah dengan membawa amal-amal soleh yang lebih besar dari langit dan bumi.

Ucapkan lahaula walaquwwata Illabillah

Artinya: Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa kalimat ini disimpan Allah di bawah Arasy tempat Allah menyimpan hal-hal yang dicintai-Nya.

“Dia seperti mengguncang Arasy, Dia seperti mengetuk pintu Arasy. Dia seperti mengetuk pintu pertolongan Allah dalam kehidupannya,” jelas Ustadz Hanan Attaki.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca kalimat tersebut saat sedang senggang karena manfaatnya yang besar.

Ucapkan Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammad, Allahumma sholli ‘alaa Muhammad.

Arti dari shalawat nabi adalah ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah bershalawat untuk dia 10 kali.”

Apa yang dimaksud shalawat Allah untuk hambanya?

Ustadz Hanan Attaki menjawab, “Shalawat Allah kepada hambanya adalah mengampuni dosa, memberikan rahmat, dan mengangkat kemuliaan.”

Repost atau bagikan info-info kebaikan

“Jika kita mendapatkan konten yang baik, kita tinggal mengajak saja. Bisa melalui broadcast, copy-paste, atau bagikan di story link. Lalu teman kita akan mengajak lagi sampai bergulir jadi banyak tanpa kita sadari,” ujarnya.

Ketika mereka melihat konten tersebut dan mendapat pelajaran baru dari konten tersebut, maka mereka mendapatkan pahala dari mencari ilmu.

Lalu, bagaimana dengan yang menyebarkan konten tersebut?

Ustadz Hanan Attaki menjelaskan bahwa hal ini berlaku juga bagi orang-orang yang memberikan informasi tersebut.

Tidak sampai di situ saja, dalam islam dijelaskan, “Siapa yang menunjukkan kepada satu kebaikan, dia dapat pahala kebaikan yang sama dari orang yang mengikutinya. Siapa yang mencontohkan dalam islam contoh yang baik, dia dapat pahala dari orang yang meniru kebaikannya.”

Jangan lupa untuk sebarkan kebaikan dalam artikel ini supaya kita semua mendapat kebaikan di Bulan Ramadan dari ibadah ringan dengan pahala besar. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini