spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Inikah Penyebab Covid-19 di Indonesia Turun Drastis?

KNews – Inikah penyebab Covid-19 di Indonesia turun drastis? Belakangan ini, kasus COVID-19 di Indonesia terus mengalami penurunan yang signifikan. Ini menjadi kabar baik di tengah kenaikan kasus yang terjadi di berbagai negara di dunia.

Berbagai kemungkinan pun bermunculan terkait alasan kasus Corona di Indonesia bisa terus menurun, salah satunya sudah banyaknya populasi yang sudah divaksinasi. Dimulai dari para tenaga medis hingga masyarakat umum.

- Advertisement -

Namun, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Dwi Agustian mengungkapkan penyebab lain yang terkait dengan menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia.

“Pertanyaannya, apakah penurunan kasus saat ini karena vaksinasi atau karena infeksi? Yang disebut infeksi ini adalah natural infeksi. Jadi, secara teori kita dapatkan threshold vaksinasi rate untuk memproteksi kita dari kejadian banyak besar 70 persen,” kata Dwi dalam diskusi daring Satu Jam Berbincang Ilmu, yang dikutip Senin (13/12/2021).

- Advertisement -

Dwi menjelaskan untuk angka vaksinasi Corona belum mencapai 70 persen. Berdasarkan hipotesisnya yang belum teruji, ada kemungkinan penurunan kasus berasal dari infeksi varian Delta beberapa waktu lalu.

Saat itu, banyak masyarakat di Indonesia terinfeksi varian Delta. Hal inilah yang membuat pasien memiliki ketahanan imunitas di dalam tubuh mereka.

- Advertisement -

“Sehingga saya punya hipotesis yang belum teruji, bahwa kemungkinan dihasilkan dengan gelombang besar begitu banyak orang populasi masyarakat yang terinfeksi dan memiliki ketahanan imunitas varian Delta,” jelasnya.

Menurutnya, kemungkinan itulah yang membuat masyarakat Indonesia tetap terproteksi meski mobilitas yang berjalan sudah mulai tinggi kembali dibandingkan sebelumnya.

“Ini hipotesis saya, bukan suatu fakta. Tetapi, saya punya hipotesis seperti itu. Walaupun tingkat mobilitas sudah demikian tinggi, itu yang membuat kita terproteksi,” pungkasnya. (RKZ/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini