spot_img
Selasa, April 16, 2024
spot_img

Ini Strategi BTN Memenuhi Kebutuhan Tenaga Kerja di Bidang IT…

KNews.id – Kebutuhan talenta digital di perbankan semakin tinggi sejalan dengan transformasi digital yang harus dilakukan. Sementara persaingan mendapatkan talenta di bidang IT berkualitas semakin tinggi karena semua sektor bisnis juga melakukan digitalisasi.

Permintaan talenta digital di Tanah Air masih belum sebanding dengan supply yang tersedia. Ini yang membuat perbankan juga tidak mudah untuk memenuhi kebutuhan talenta digitalnya. Perusahaan fintech atau startup lainnya belakang berani menawarkan harga tinggi untuk mendapatkan talenta digital.

- Advertisement -

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengakui bahwa pemenuhan talenta digital saat ini masih ada kendala. Salah satunya karena ada gap antara kebutuhan dan pasokan, menurut Andi Nirwoto Direktur Teknologi Informasi BTN. Lalu, lulusan baru juga tidak semua siap kerja dan masih perlu pengembangan.

Namun, kendala itu menurutnya, masih bisa diatasi dengan menjalin kerjasama B2B dengan penyedia SMD digital. Oleh karena itu, BTN melakukan strategi kombinasi dalam pemenuhan SDM IT yakni dengan perekrutan lulusan baru lewat program office development, akuisisi talenta berpengalaman, dan melakukan partnership B2B.

- Advertisement -

Secara umum, BTN melakukan perekrutan lulusan baru dan akuisisi talenta berpengalaman sekitar 40 per tahun-50 per tahun. “Namun,kebutuhan ini tentunya dinamis sejalan dengan kebutuhan bisnis dan strategi perusahaan. Itu akan terus kami review,” kata Andi pada Kontan.co.id, Selasa (9/10).

Untuk mencegah tingginya turnover atau keluar masuknya talenta digital, Andi bilang, BTN selalu memperhatikan beberapa aspek, mulai dari benefit yang kompetitif serta menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan memberikan kesempatan bagi talenta mengembangkan diri.

- Advertisement -

“Menghadirkan environment kerja yang sesuai dilakukan memperhatikan aspek kepercayaan pada setiap talenta, menghadirkan assignment atau challenge baru terkait project digital, Serta memberikan kesempatan menambah skill lewat sertifikasi hardskill maupun softskill.” pungkas Andi. (OZ/KT)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini