spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Ini Poin-poin Rapat Besar NATO, Bersiap Perang Dunia III!

KNews,id- Rapat besar NATO sudah digelar di Brussels, Belgia, Kamis (24/3). Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga hadir ke pertemuan darurat itu, yang sekaligus mempertemukan Dewan Eropa dan G-7.

Sebagaimana diketahui, tokoh-tokoh global utama berusaha menyelaraskan tanggapan mereka terhadap serangan Rusia ke Ukraina. Lalu apa hasil pertemuan tersebut?.

- Advertisement -

Berikut beberapa poin-poin pentingnya, sebagaimana diutarakan Biden di sela-sela konferensi pers:

NATO

- Advertisement -

Pertemuan itu menurut Biden membawa persatuan semakin kuat di antara anggota NATO. Sebagaimana diketahui, serangan Rusia ke Ukraina merupakan akibat dari keinginan negara itu bergabung dengan pakta pertahanan tersebut.

“NATO tidak pernah, tidak pernah lebih bersatu seperti sekarang ini,” kata Biden. “Putin mendapatkan kebalikan dari apa yang dia inginkan sebagai konsekuensi pergi ke Ukraina.”

- Advertisement -

Senjata Kimia

NATO juga membahas tentang prospek Rusia menggunakan senjata kimia di tengah serangannya ke Ukraina, Biden hanya mengatakan bahwa “kami akan merespons”.

Namun ia tidak memberi keterangan lebih spesifik. Ia hanya mengatakan bahwa “sifat tanggapan akan tergantung pada sifat penggunaan”.

RRC

Kemungkinan China memberikan bantuan kepada Rusia menjadi fokus. Biden mengatakan telah melakukanpembicaraan yang sangat lugas” dengan Presiden China Xi Jinping minggu lalu tentang topik tersebut.

Biden mencatat bahwa AS tidak mengancam China. Tetapi menurutnya Xi Jinping memahami konsekuensi jika negeri itu membantu Rusia.

Kekurangan Pangan

Biden juga mengatakan bahwa ada kemungkinan bahwa serangan Rusia ke Ukraina dapat memicu kekurangan pangan global. Hal ini juga telah dibahas oleh para pemimpin dunia yang berkumpul.

Ia mencatat bahwa kekurangan pangan akan menjadi “nyata”. Apalagi Ukraina dan Rusia merupakan “keranjang roti” untuk Eropa.

Pengungsi dari Ukraina

Negara-negara NATO, memberi fokus pada hal ini. Data UNHCR menyebut, setidaknya ada 3,5 juta orang mengungsi.

“Saya berencana untuk mencoba melihat orang-orang itu … Saya harap saya bisa melihat banyak orang,” kata Biden dalam konferensi pers seusai pertemuan.

Sanksi untuk Rusia

Biden mengatakan AS dan sekutu akan terus “meningkatkan rasa sakit” pada Putin. Sanksi akan terus diberikan ke negara itu.

KTT G20

Dalam konferensi persnya, Biden mengatakan dia yakin Rusia harus dikeluarkan dari G20. Bukan hanya Biden, ucapan serupa juga muncul dari sejumlah negara sekutu, karena serangan Rusia ke Ukraina. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini