spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Ini Kiat-kiat Berinvestasi di Pasar Modal dari OJK, Apa Saja?

KNews.id-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kiat-kiat dalam berinvestasi dengan aman di pasar modal.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Inarno Djajadi mengatakan, banyak instrumen investasi di pasar modal yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

- Advertisement -

“Seperti saham, reksadana, dan securities crowdfunding,” kata dia dalam unggahan akun Instagram @ojkindonesia, dikutip Rabu (7/9/2022).

4 hal sebelum berinvestasi di pasar modal Inarno mengingatkan, dalam berinvestasi di pasar modal, masyarakat sekurang-kurangnya perlu memerhatikan empat hal.

- Advertisement -

Pertama, masyarakat perlu menyadari setiap investasi mempunyai manfaat sekaligus risiko.

Kedua, setiap investor diminta untuk jangan mudah tergiur dengan penawaran investasi. Apalagi penawaran yang menjanjikan keuntungan pasti, tinggi, dan cepat.

- Advertisement -

Ketiga, setiap investor diminta untuk memastikan produk dan pihak yang menawarkan investasi mempunyai izin dari OJK. “Masyarakat bisa cek legalitasnya ke kontak OJK 157,” imbuh dia.

Keempat, terakhir, Inarno mewanti-wanti investor untuk menggunakan uang dingin atau uang lebih. Dalam berinvestasi, masyarakat diharapkan tidak menggunakan dana kebutuhan sehari-hari. “Jangan meminjam untuk berinvestasi karena investasi bisa rugi sementara cicilan itu pasti,” tutup dia.

Milenial dan gen Z

Sebagai informasi, OJK mencatat, jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 9,45 juta investor pada pertengahan Agustus 2022. Dari jumlah tersebut, hampir 60 persen dari investor pasar modal adalah milenial dan Gen Z yang berusia di bawah 30 tahun. (Ach/Kmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini