spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Ini Daftar Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beserta Tarifnya

KNews- Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) siap beroperasi pada Agustus 2023 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo setelah menyebut 90 persen pasokan dan jaringan listrik telah tersedia.

“Jadi, kami (PLN) sampaikan 90 persen infrastruktur KCJB telah siap untuk mendukung operasinya pada Agustus 2023”, kata Darmawan dalam keterangan tertulis pada Senin (22/05/2023).

- Advertisement -

KCJB dikabarkan kembali melakukan tahap uji coba atau Hot Sliding Test terhadap rangkaian di Electrical Multiple Unit (EMU) CR400AF di Tegalluar, Kab. Bandung, pada Jumat (19/05/2023) lalu. Lantas, di mana sajakah rute Kereta Cepat Jakarta – Bandung serta berapa tarifnya?

Rute Kereta Cepat Jakarta – Bandung

- Advertisement -

Sebagaimana publikasi situs indonesiabaik.id, disebutkan apabila proyek yang direalisasikan dengan dasar hukum berupa Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 69 Tahun 2019 tentang Standar Spesifikasi Teknis Kereta Api Cepat Kecepatan Tinggi itu akan beroperasi setiap hari dari pukul 05:30 sampai 22:00 WIB.

Kereta yang dirancang untuk mampu melaju dengan kecepatan 420 km/jam tersebut akan menghubungkan Jakarta dengan Bandung sepanjang 142,3 km. Namun, kereta yang diklaim menggunakan tipe generasi terbaru CR400AF itu direncanakan bakal beroperasi dengan kecepatan 350 km/jam.

- Advertisement -

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam sekali perjalanan adalah 36 menit tanpa henti. Apabila singgah di empat stasiun, maka KCJB bergerak dengan waktu maksimal 46 menit. Adapun stasiun dan rute Kereta Cepat Jakarta – Bandung sebagai berikut.

1. Stasiun Halim
Stasiun pertama terletak di Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur. Stasiun dengan jarak 41.166 kilometer menuju Karawang itu terhubung Light Rail Transit (LRT).

2. Karawang
Pemberhentian pertama pada jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung berada di Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang. Terpisah sejauh 55.550 km dari Padalarang, stasiun itu termasuk Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

3. Padalarang
Selanjutnya, penumpang juga bisa turun di Stasiun Hub KCJB yang berjarak 45.584 kilometer dari Tegalluar. Stasiun tersebut termasuk kawasan administrasi Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat.

4. Tegalluar
Rute Kereta Cepat Jakarta – Bandung sekaligus tempat pemberhentian terakhir berlokasi di Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung. Stasiun tersebut terhubung dengan armada Bus Rapid Transit atau BRT (sebagai depo).

Tarif Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Mengacu keterangan resmi situs kcic.co.id, General Manager (GM) Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Rahadian Ratry menjelaskan bahwa Kereta Cepat Jakarta – Bandung akan dibagi menjadi beberapa kelas. Kelas yang dimaksud ialah VIP Class, First Class, dan Second Class. Selain itu, juga disediakan gerbong khusus bagi para penumpang difabel yang lebih luas.

Sementara itu, Dirut PT KCIC Chandra Dwiputra menyatakan mengenai tarif Kereta Cepat Jakarta – Bandung memerlukan pengkajian. Harga tiket yang dipatok berkisar antara US$ 16 atau Rp 237.824 (kurs Rp 14.864) hingga Rp 300.000 untuk penumpang kelas 2 (Second Class).

“Berdasarkan hasil studi kelayakan, nilai feasible (mungkin) untuk Kereta Cepat Jakarta – Bandung mulai dari US$ 16. Namun tentu secara resmi, penetapan tarif akan ditentukan selanjutnya sesudah kajian komprehensif saat KCJB akan beroperasi dengan memerhatikan berbagai aspek, seperti ekonomi, daya beli masyarakat di tahun 2021, serta setelah ada persetujuan dari pemangku kebijakan”, jelas Chandra dalam keterangan tertulis pada Senin (17/06/2019).

Itulah rute Kereta Cepat Jakarta – Bandung dan perkiraan tarifnya. Apabila sesuai rencana, KCJB akan melaju pada Agustus 2023 mendatang. Apakah Anda berminat untuk menjajal proyek bernilai fantastis tersebut? (RZ/TMP)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini