spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

Ingin Selamat dari Yaumul Hisab? Tentang 3 Penyakit Penghapus Amal Baik

 

KNews.id – Simak penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang 3 penyakit penghapus amal baik dalam artikel ini agar selamat dari yaumul hisab kelak.

- Advertisement -

Pada hakekatnya dunia merupakan jembatan kita menuju akhirat yang kekal.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

- Advertisement -

Artinya : Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.

Ibadah dalam ayat tersebut bisa diartikan sebagai ibadah yang langsung berhubungan dengan Allah SWT maupun yang sifatnya sosial. Oleh sebab itu pula manusia dianjurkan untuk memperbanyak ibadah atau amal-amal baik dan menghindari amal-amal buruk atau maksiat untuk dijadikan bekal di akhirat kelak.

- Advertisement -
Sebab kelak saat hari kiamat datang, manusia akan dikumpulkan dan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang sudah mereka lakukan di dunia.

 

Seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Shad ayat 53 yang berbunyi :

هٰذَا مَا تُوْعَدُوْنَ لِيَوْمِ الْحِسَابِ

Artinya : Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari Perhitungan.

Di hari tersebut amal-amal manusia akan ditimbang dan akan diketahui amal mana yang paling berat, amal baik atau amal buruk. Selain dengan mengumpulkan amal-amal baik, umat muslim juga perlu tahu bahwa ada beberapa perbuatan yang dapat menghapus amal baik kita.

Seperti yang ada dalam  salah satu video Youtube yang diunggah @ustadzabdulsomadofficial, di dalamnya terdapat penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang 3 penyakit penghapus amal baik.

“Amal shalat, amal puasa, amal dzikir, amal sedekah, amal baca Qur’an, amal silaturahim, sekarang ini kita sedang menabung amal, lalu amal ini hilang disebabkan oleh 3 perbuatan” kata Ustaz Abdul Somad mengawali pengajiannya.

Berikut kami tampilkan penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang 3 penyakit penghapus amal.

1. Hasad

Terkait penyakit yang pertama ini, Ustaz Abdul Somad mengutip hadist Rasulullah SAW berikut ini :

اِياَّ كُم وَالحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُ الحَطَبَ

Artinya : Jauhkanlah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. (HR. Abu Dawud).

Yang disebut hasad adalah ketika seseorang tidak suka melihat orang lain mendapatkan sebuah kenikmatan. Selain akan menghapus amal baik, penyakit hasad juga memiliki dampak buruk bagi fisik kita.

“Orang penyakit hasad ini hatinya susah, pikirannya susah, kalau sudah pikirannya susah, darah tinggi naik, kolestrol naik, asam urat naik, asam lambung naik, semuanya sakit gara-gara penyakit hasad” kata Ustaz Abdul Somad.

Untuk menghindari penyakit hasad, ulama lulusan Al-Azhar ini menganjurkan agar setiap malam sebisa mungkin kita mendoakan orang-orang terdekat kita yang mendapatkan kenikmatan. Selain itu kita juga dianjurkan untuk berdoa agar terhindar dari orang yang hasad, seperti dalam surat Al-Falaq ayat ke-5.

2. Nifaq

Nifaq merupakan penyakit yang membuat seseorang selalu ingin menampakkan kebaikannya dan berusaha menyembunyikan keburukannya.

“Nama orang yang kena penyakit itu munafik, nama penyakitnya nifaq” sambung Ustaz Abdul Somad.

Beliau kemudian mengutip surat An-Nisa ayat 145 yang berbunyi :

إِنَّ ٱلْمُنفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرً

Artinya : Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.

Kata Ustaz Abdul Somad, orang munafik ini ciri-cirnya ada 3, yakni kalau bicara ia berbohong, kalau berjanjia ia ingkar, dan kalau diberi amanat ia berkhianat. Nah penyakit nifaq ini menjadi salah satu penyakit yang menurut Ustaz Abdul Somad dapat menghapus amal baik seseorang.

3. Kafir

Menurut Ustaz Abdul Somad yang ketiga ini adalah yang paling berat dan mengerikan diantara dua sebelumnya. Kafir merupakan suatu perbuatan yang menyekutukan dan mengingkari Allah SWT.

“Makanya yang paling mengerikan itu adalah orang beriman, setelah beriman ia jadi kafir namanya murtad” lanjut Ustaz Abdul Somad.

Perbuatan ke-3 ini jelas-jelas akan menghapus amal baik seseorang. Ustaz Abdul Somad juga mendoakan agar kita dan semua anak cucu kita diselamatkan dari kemurtadan, serta ditetapkan dalam iman dan Islam.

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang 3 penyakit penghapus amal baik. Semoga kita semua dijauhkan dari segala penyakit tersebut.  (Zs/RDR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini