spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Inggris: RRC Menjadi Ancaman Terbesar di Dunia!

KNews.id- Mantan Petinggi Angkatan Laut (AL) Inggris memberikan sebuah peringatan terkait China yang mungkin dapat menjadi ancaman besar bagi dunia.

Mengutip Express, Admiral AL Ben Key mengatakan saat ini London terlalu fokus dengan Rusia, yang sedang melakukan serangan ke Ukraina. Menurutnya, disaat Inggris sedang bersiap menghadapi Rusia, London melupakan perkembangan militer China.

- Advertisement -

“Hanya karena berfokus pada risiko ‘beruang’, kita jadi lupa akan ‘harimau’. China akan menjadi lebih berani oleh perang Ukraina,” ujarnya dikutip Jumat, (22/7).

Ia pun menjabarkan alasan dari argumennya ini. Pertama, ia mengutip Bank Dunia yang menempatkan PDB China 10 kali lipat dari Rusia. Selain itu, Admiral Key juga menggarisbawahi bagaimana China menghabiskan lebih dari US$ 293 miliar tahun lalu untuk pertahanan.

- Advertisement -

“Melihat anggaran pertahanan mereka tumbuh selama 27 tahun berturut-turut, dibandingkan dengan Rusia, yang katanya menghabiskan kurang dari seperempat pada US$ 66 miliar.”

“Sementara dunia menganggap Rusia sebagai bahaya yang nyata dan sekarang, sebenarnya China yang merupakan tantangan jangka panjang.”

- Advertisement -

Admiral Key juga menekankan ada beberapa hal yang dapat menjadi sumber ketegangan antara Barat dan Beijing. Salah satunya adalah klaim Negeri Tirai Bambu itu di wilayah Laut China Selatan (LCS) dan juga terkait wilayah Taiwan.

“Dari inisiatif Belt and Road hingga String of Pearls, dari ‘pembangunan pulau’ di Laut China Selatan hingga desain di Taiwan,” tandasnya. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini