spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Inggris Mengirim 6.000 Rudal dan Dana sebesar Rp474 M untuk Membantu Ukraina!

KNews.id- Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan akan mengirim 6.000 rudal dan dana 30 juta euro atau sekitar Rp474 Miliar untuk membantu Ukraina memperkuat pertahanan dari gempuran Rusia.

Pengumuman bantuan pendanaan dan perangkat keras militer itu akan disampaikan saat konferensi tingkat tinggi Pakta Pertahanan Atlantik Rusia (NATO) dan Kelompok Tujuh (G7) yang membahas invasi Rusia pada hari ini, Kamis (24/3) malam waktu setempat.

- Advertisement -

“Kami tak bisa dan tak akan berdiam diri sementara Rusia menghancurkan kota-kota Ukraina menjadi debu,” kata Johnson dalam pernyataan resmi yang dikutip AFP.

Ia lalu menambahkan, “Inggris akan bekerja sama dengan sekutu kami untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi ke Ukraina, memperkuat pertahanan mereka saat mereka membalikkan keadaan dalam peperangan ini.”

- Advertisement -

Komunitas internasional, sambung dia, punya opsi untuk menjaga api kebebasan tetap hidup di Ukraina atau mempertaruhkan api itu padam di seluruh Eropa dan Dunia. Johnson akan mendesak sekutu Barat untuk meningkatkan tanggapan cepat mereka atas tindakan Rusia.

“(Bentuk tindakan itu) dengan memberikan dukungan pertahanan tambahan ke Ukraina dan menggandakan sanksi ekonomi,” demikian menurut pernyataan kantor Kepresidenan Inggris.

- Advertisement -

Lebih lanjut pernyataan itu menerangkan, Johnson akan merinci niat London untuk bekerja dengan mitra guna meningkatkan kemampuan pertahanan Ukraina, termasuk penargetan dan kerja intelijen jarak jauh.

Sementara itu, pemberiaan pendanaan baru tersebut akan membantu membayar gaji tentara Ukraina, pilot dan polisi. Tujuan lain, bantuan dari Inggris juga untuk memastikan angkatan bersenjata Ukraina dilengkapi dengan peralatan berkualitas tinggi.

Barat Wanti-wanti RI soal Keberatan jika Rusia Hadiri Pertemuan G20
Tak hanya perlengkapan dan pendanaan militer baru, Inggris dilaporkan akan memberikan tambahan £4,1 juta Rp77 Miliar untuk media BBC World Service sebagai bagian dari upaya lintas pemerintah mengatasi disinformasi di Rusia dan Ukraina. Pendanaan dan dukungan administratif juga akan digunakan untuk penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional atas kejahatan perang.

Sebelumnya, Inggris telah memberikan bantuan ke Ukraina lebih dari 4.000 senjata anti tank, termasuk Next-Generation Light Anti-Tank Weapons Systems (NLAWs) dan rudal Javelin.

Pemerintah Inggris juga memasok rudal anti-pesawat berkecepatan tinggi Starstreak untuk membantu melawan pemboman udara dari Rusia, serta pelindung tubuh, helm, dan sepatu bot tempur.

Perangkat militer itu sebagai bentuk peran Inggris dalam memainkan bagian penting guna membantu Ukraina menghentikan invasi Rusia. Inggris juga dilaporkan telah memberikan £400 juta atau sekitar Rp7,5 triliun dalam bentuk bantuan kemanusiaan dan ekonomi untuk menangani krisis di negara eks Uni Soviet itu. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini