spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Indonesia Mendesak PBB Melindungi Palestina!

KNews.id- Konflik antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza sampai hari in masih terus berlangsung. Menanggapi hal ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia terus berupaya untuk terus mendukung perjuangan Palestina dalam mewujudkan kemerdekaan dari pendudukan Israel.

“Keadilan harus tercipta bagi rakyat Palestina. Dan saya tekankan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina,” ujarnya, dalam konferensi pers virtual membahas perkembangan Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri Komite Eksekutif Organisasi Kerja Sama Islam (Open-ended Extraordinary Ministerial Meeting of the OIC Executive Committee), Jakarta, Ahad (16/5).

- Advertisement -

Dimana dalam pertemuan tingkat menteri bersama perwakilan negara-negara anggota OKI, Retno menegaskan, bahwa Indonesia secara aktif memberikan masukan substansial agar OKI dapat menghasilkan kesepakatan yang nyata.

Adapun beberapa resolusi yang diharapkan dapat dicapai antara lain adalah seruan kepada komunitas internasional, khususnya Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah konkret atas tindakan kekerasan dan pelanggaran Israel terhadap hukum internasional.

- Advertisement -

“Bila DK PBB gagal, maka SMU PBB harus melakukan Pertemuan Darurat,” tegasnya.

Indonesia kata Retno, juga berharap agar dalam resolusi tersebut akan terdapat elemen desakan untuk menerapkan mekanisme international protection/international presence untuk melindungi warga sipil Palestina maupun kompleks Masjid Al Aqsa. Selain itu, Indonesia juga mengharapkan seruan OKI kepada komunitas internasional untuk menghentikan aksi kolonial dan segregasi rasial Israel, serta penegasan kembali posisi OKI dalam mendukung isu Palestina dan Al Quds Al-Sharif dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara dan sesuai dengan parameter-parameter internasional. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini