spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Indonesia Korban Resesi? Lakukan Lima Hal Ini Kalau Mau Selamat

KNews.id-Dalam beberapa pekan terakhir, Indonesia sedang berada di tengah bayangan kabar potensi resesi global. Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani memprediksi resesi global akan mulai terjadi pada tahun 2023 yang mana hal ini disebabkan adanya kenaikan suku bunga secara agresif oleh bank sentral di berbagai negara guna meredam laju inflasi.

Secara sederhana, resesi diartikan sebagai suatu keadaan dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk. Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang kurang baik, produk domestik bruto yang negatif, dan peningkatan jumlah pengangguran. Kondisi keuangan ini akan menimbulkan melemahnya kemampuan daya beli masyarakat akibat ketimpangan antara penghasilan yang menurun dan pengeluaran yang tinggi.

- Advertisement -

Keadaan ekonomi yang tidak stabil dalam kurun waktu yang lama juga akan memberi dampak pada kenaikan harga kebutuhan bahan pokok dan naiknya angka kemiskinan. Karena itu, masyarakat perlu memahami pengelolaan keuangan secara optimal untuk dapat meminimalisir dampak dari kemungkinan resesi ekonomi.

Agar kamu dapat bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil, ada beberapa tips menghadapi resesi yang dapat mulai dilakukan. Benny Fajarai, Co-Founder Lifepal.co.id mengatakan setidaknya ada 5 hal yang bisa mulai dipersiapkan.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini