spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Indonesia Ingin Saingi Thailand yang Gelontorkan Subsidi Mobil Listrik Rp80 Juta

“Dalam waktu dekat pemerintah akan mengeluarkan insentif untuk kendaraan motor roda dua sebesar Rp 7 juta baik motor baru maupun pergantian motor. Sedangkan untuk otomotif sedang kita pertimbangkan. Tetapi seluruhnya berbasis kepada produksi dalam negeri,” kata Airlangga.

Pada Februari 2022, Thailand merilis insentif untuk industri kendaraan listrik (EV) untuk mengonversi 50 persen dari total produksi mobilnya menjadi EV pada tahun 2030.

- Advertisement -

Menurut aseanbriefing.com, Pemerintah Thailand memberikan subsidi 70.000 baht (Rp 30 juta) per unit EV untuk mobil penumpang dengan kapasitas baterai 10 hingga 30 kWh untuk unit CKD (completely knocked down) dan CBU (completely built up).

Subsidi 150.000 baht (Rp 64 juta) untuk setiap unit EV untuk mobil penumpang dengan kapasitas baterai lebih dari 30kWh untuk unit CKD dan CBU, juga pengurangan bea impor hingga 40% untuk baterai EV.

- Advertisement -

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan langkah pemerintah menerapkan subsidi kendaraan listrik merupakan bagian dari transformasi industri. Dalam hal ini pemerintah merancang kebijakan yang komprehensif sehingga bisa memberikan dampak jangka panjang.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini