spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Indo-Pasifik Berpotensi Perang, Indonesia Menjadi Negara Sembilan Terkuat!

KNews.id- Riset terbaru dirilis Lembaga think tank geopolitik terkemuka asal Australia, Lowy Institute. Lembaga ini mengungkapkan fakta bahwa ada ketegangan tinggi di Indo-Pasifik yang bisa menciptakan risiko perang. Ini disebabkan oleh polarisasi kekuatan antara kubu China dan juga AS. Belum lagi perlombaan senjata di kawasan.

“Ini (bukan hanya) melibatkan AS dan China, tetapi juga melibatkan banyak pemain lain seperti India, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara yang lebih kecil seperti Vietnam yang memiliki sengketa maritim dengan China,” tulis laporan itu.

- Advertisement -

Meski demikian, dari data yang sama terlihat bahwa setidaknya ada 26 negara terkuat di Asia Pasifik. Lowy menyebut bahwa Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara paling kuat di kawasan. Hal ini dimotori oleh penguasaan Negeri Paman Sam atas vaksin Covid-19. Ini membuat Negeri Joe Biden semakin memiliki pengaruh dalam melawan rivalnya, China.

“AS mengalahkan tren penurunan pada tahun 2021 dan telah menyusul China dalam dua peringkat kritis,” tulis laporan itu lagi.

- Advertisement -

“Diplomasi vaksin adalah mata uang baru geopolitik, dan AS memimpin perlombaan.”

Di riset yang sama, Lowy juga secara khusus menyoroti Indonesia. RI untuk pertama kalinya masuk dalam 10 besar negara terkuat di wilayah ini. Hal itu akibat banyaknya negara dunia yang menganggap Jakarta sebagai pusat diplomasi baru kawasan ini, utamanya di wilayah ASEAN. RI naik peringkat dari sebelumnya, dengan skor 19,4 namun dengan tren kekuatan turun 0,5 dari tahun lalu.

- Advertisement -

“Indonesia untuk pertama kalinya mencapai posisi sepuluh besar dalam Indeks. Jakarta kini mengungguli Singapura sebagai pemain paling berpengaruh secara diplomatis di Asia Tenggara,” tambah laporan itu.

Berikut 10 besar negara terkuat Asia-Pasifik sebagaimana dilaporkan Lowy :
1. AS
2. China
3. Jepang
4. India
5. Rusia
6. Australia
7. Korea Selatan
8. Singapura
9. Indonesia
10. Thailand (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini