spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Indeks Bisnis BRI, Pelaku UMKM Kian Bergeliat!

KNews.id- Memasuki Q2-2023, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air semakin menggeliat. Kondisi ini tercermin dari hasil Indeks Bisnis UMKM Q1-2023 dan Ekspektasi Q2-2023 yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui BRI Research Institute.

Di mana, Indeks Bisnis UMKM Q1-2023 tercatat pada level 105,1 yang berarti ekspansi bisnis UMKM terus berlanjut.

- Advertisement -

Adapun, sejumlah faktor yang mendorong ekspansi tersebut antara lain kehidupan yang semakin normal pasca pandemi serta daya beli masyarakat kian menguat sehingga berdampak pada permintaan terhadap barang dan jasa yang semakin meningkat.

Dalam menyambut Q2-2023, pelaku UMKM optimis aktivitas usahanya akan terus meningkat. Pasalnya, terjadi peningkatan indeks bisnis UMKM dalam 3 bulan mendatang dari 130,1 menjadi 131,9.

- Advertisement -

Peningkatan ekspektasi sendiri ditopang momen perayaan Idul Fitri sehingga mendorong permintaan dan harga barang dan jasa.

Di lain sisi, puncak panen raya tanaman bahan makanan diprediksi akan terjadi pada Q2-2023 dengan catatan kondisi cuaca semakin kondusif bagi sektor pertambangan, konstruksi, pertanian, dan perikanan laut.

- Advertisement -

Hasil riset juga menunjukkan ekspansi bisnis UMKM terjadi di sebagian besar sektor usaha UMKM seperti sektor pertanian dan sektor perdagangan.

Sektor pertanian, misalnya, menunjukan perbaikan dibanding pada kuartal sebelumnya, seiring dengan panen raya tanaman bahan makanan yang mulai berlangsung.

Sama halnya dengan sektor pertambangan, sektor hotel & resto/warung serta sektor jasa-jasa tetap ekspansi, namun sedikit melambat lantaran disebabkan oleh normalisasi permintaan pasca Nataru.

Namun, ada produksi beberapa komoditas pertanian terganggu akibat curah hujan yang tinggi dan musim trek kelapa sawit serta pupuk yang masih mahal.

Sedangkan sektor pertambangan terganggu akibat curah hujan yang tinggi dan berakhirnya perayaan Nataru membuat permintaan terhadap jasa pengangkutan (sewa mobil dan jasa transportasi lainnya) kembali normal.

Untuk sektor industri pengolahan aktivitasnya sedikit meningkat sehubungan dengan mulai meningkatnya permintaan menjelang puasa dan lebaran.

Pada Q2-2023 ekspansi bisnis UMKM diperkirakan akan semakin pesat, terutama sektor konstruksi, pengangkutan dan pertanian.

Sejalan dengan usahanya yang tetap ekspansif, sentimen pebisnis UMKM pada Q1-2023 tetap baik. Dalam artian, pelaku UMKM menilai kondisi ekonomi, sektor usaha dan usaha yang dikelolanya saat ini secara umum masih baik.

Hal ini tercermin pada Indeks Sentimen Bisnis UMKM yang tetap berada di atas 100, tepatnya berada di level 121,6.

Namun, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya penilaian tersebut menurun yang terutama disebabkan oleh menurunnya penilaian pelaku UMKM terhadap kondisi ekonomi dan bisnis saat ini.

Pola ini terlihat di sebagian besar sektor usaha UMKM, kecuali sektor industri pengolahan yang sentimennya relatif stabil dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Dengan usaha yang masih ekspansif, pelaku UMKM tetap memberikan penilaian yang tinggi terhadap kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas utamanya, dengan indeks 137,4, tapi turun tipis dari kuartal sebelumnya 138,3.

Pelaku UMKM memberikan penilaian tertinggi terhadap kemampuan pemerintah menciptakan rasa aman dan tenteram sert menyediakan dan merawat infrastruktur.

Hasil riset ini sesuai dengan pernyataan Direktur Utama BRI Sunarso saat pemaparan kinerj keuangan BRI Kuartal I 2023 pada 27 April 2023 yang lalu.

Menurutnya, UMKM masih memiliki prospek yang cerah ke depannya. Prospek UMKM terdapat pada bisnis yang dekat dengan kebutuhan hidup, seperti makanan, makanan dan hulu hilirnya. Hulunya makanan adalah pertanian, terutama pertanian pangan itu tetap menarik bagi BRI.

“Jadi tetap yang menarik saya katakan adalah hal-hal yang terkait sama pangan termasuk hulu hilirnya. Hulu hilirnya di antaranya pertanian pangan kemudian produksi pangan itu sendiri, industri berbasis pangan, distribusi pangan, perdagangan pangan,” jelasnya, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (3/5/2023). (RZ/IBN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini