spot_img
Rabu, Mei 8, 2024
spot_img

Hati-hati, Ini Tanda ATM sudah Dipasang Alat Skimming!

KNews.id- Saat perjalanan mudik, pastikan uang tunai cukup. Namun, kalaupun harus mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pastikan aman dan tidak dipasangi alat skimming.

Skimming sendiri merupakan tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk membobol rekening. Untuk melakukan kejahatan ini, pelaku akan memasang alat khusus bernama scammer.

- Advertisement -

Alat tersebut berbentuk mirip dengan mulut slot kartu ATM. Saat kartu dimasukkan ke dalam scammer, maka alat itu akan merekam informasi dari kartu secara otomatis.

Berikut tanda yang harus diperhatikan agar masyarakat terhindar dari tindak kejahatan tersebut, mengutip pakar keamanan siber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, dalam cuitannya di Twitter, dikutip Ahad (1/5)

- Advertisement -
  1. Ada Alat Terpasang di Mulut ATM

Mesin ATM, ditempeli perangkat yang bisa merekam data kartu milik nasabah. Alat ini biasanya ada di bagian mulut tempat Anda memasukkan kartu.

Di bagian atas penutup tombol ATM, diletakkan kamera untuk meng-capture PIN ATM milik nasabah.

- Advertisement -

“Biasakan setiap mau transaksi di ATM manapun, raba di bagian atas langit-langit penutup tombol sebelum masukin PIN ATM,” katanya.

  1. Lokasi Sepi

Adapun, mesin ATM yang ada di lokasi sepi, biasanya menjadi sasaran empuk para penjahat. Seperti misalnya di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

“Jadi, ketika melakukan transaksi menggunakan kartu di tempat-tempat tersebut, sebaiknya hati-hati,” ujarnya mengingatkan.

Untuk itu, ia menyarankan agar masyarakat melakukan transaksi cardless alias tanpa menggunakan kartu. Selain itu juga, pisahkan rekening utama dan rekening yang digunakan untuk transaksi. Menurutnya, korban skimming bisa datang dari nasabah bank mana saja. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini